Boladunia

Ini Komentar Lionel Messi usai Sabet Sepatu Emas 2018

Lionel Messi meraih penghargaan Sepatu Emas Eropa kelima.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Lionel Messi menerima penghargaan Sepatu Emas Eropa 2018. (LLuis Gene/AFP).
Lionel Messi menerima penghargaan Sepatu Emas Eropa 2018. (LLuis Gene/AFP).

Bolatimes.com - Bintang Barcelona, Lionel Messi, berhasil menyabet penghargaan Sepatu Emas 2018. Ia sukses mencetak 34 gol dari 36 pertandingan pada La Liga musim lalu. Mengalahkan Mohamed Salah yang melesatkan 32 gol bersama Livepool di Liga Primer Inggris.

Sebenarnya, penghargaan itu bukanlah sesuatu yang mewah bagi seorang Lionel Messi. Pasalya, sudah kerap meraih beberapa penghargaan yang lebih bergengsi lainnya seperti Ballon d'Or sebanyak lima kali.

Selain itu, penghargaan Sepatu Emas Eropa 2018 juga bukan kali pertama. Sebelumnya isa sudah pernah memenangkannya pada edisi 2009/10, 2011/12, 2012/13, dan 2016/17.

Namun, Sepatu Emas Eropa kali ini tetap berharga baginya. Ia justru tak menyangka bisa sesukses ini sebagai pesepak bola. Maklum impian masa kecilnya dulu hanyalah ingin menjadi pemain profesional.

Lionel Messi menerima penghargaan Sepatu Emas Eropa 2018. (LLuis Gene/AFP).
Lionel Messi menerima penghargaan Sepatu Emas Eropa 2018. (LLuis Gene/AFP).

''Saya cinta sepak bola. Tapi, ketika memulainya saya tak pernah menyangka ini semua. Mimpi saya hanyalah menjadi pemain profesional,'' kata Messi, dikutip Express.

''Hal ini terjadi karena kerja keras dan perjuangan yang saya lakukan. Serta di atas segalanya adalah karena rekan-rekan (di Barcelona). Saya memiliki para pemain terbaik dunia di posisinya masing-masing yang berada di sisi saya,'' lanjutnya.

Lionel Messi pun tak ingin jemawa atas Sepatu Emas Eropa kelimanya. Ia menganggap, semua ini adalah berkat rekan-rekan di Barcelona yang selalu memberikan dukungan.

''Saya berada di tim terbaik dunia dan berada di sekitar para pemain terbaik pada posisinya masing-masing. Itu membuat semua menjadi lebih mudah dalam memenangi penghargaan ini,'' ujar Messi.

''Saya juga bersyukur berada dalam kondisi fisik dan emosional yang sangat baik. Tahun demi tahun berlalu dan saya mencoba terus menjaga kondisi, seperti yang dilakukan sepanjang karier. Itu harus dilakukan karena semakin banyak tuntutan,'' tutup pemain 31 tahun itu.

Lionel Messi digadag-gadang sebagai pemain terbaik yang pernah ada. Ia berhasil memenangkan lima Ballon d'Or dalam kariernya, jumlah terbanyak yang juga disamai oleh Crastiano Ronaldo.

Selama hampir 15 tahun menjadi pesepak bola profesional ia telah merasakan berbagai trofi seperti sembilan La Liga, enam Copa de Rey, empat Liga Champions, dan berbagai gelar individu.

Piala Dunia satu-satunya ajang yang belum pernah dimenangkan. Raohan terbaik Messi yakni ketika membawa Timnas Argentina melenggang ke final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Berita Terkait

Berita Terkini