Boladunia

Ogah Dibandingkan, Pele Sebut Lionel Messi Tak Selevel

Lionel Messi dianggap hanya memiliki satu kemampuan dalam sepak bola.

Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi

Ketika Pele bersama Lionel Messi. (Franck Fife/AFP).
Ketika Pele bersama Lionel Messi. (Franck Fife/AFP).

Bolatimes.com - Legenda sepak bola Brasil, Pele, enggan dibandingkan dengan megabintang Barcelona, Lionel Messi. Ia menilai dirinya jauh lebih baik dari pemain berjuluk La Pulga tersebut.

Lionel Messi diklaim sebagai salah satu pesepak bola terbaik dunia sepanjang masa. Ia telah merasakan berbagai trofi seperti La Liga, Copa del Rey, dan tentu saja Liga Champions. Kehebatan pemain 31 tahun itu dalam mengolah si kulit bundar dibuktikan dengan adanya lima penghargaan Ballon d'Or yang tersimpan rapi di lemari.

Namun, sebuah pendapat menarik dari Pele yang pernah menjadi pemain terbaik dunia di masa lalu. Ia mengaku Lionel Messi tak sehebat seperti anggapan orang-orang. Bahkan, Pele enggan disamakan dengan pemain asal Argentina itu karena merasa lebih baik.

''Bagaimana bisa Anda membandingkan seseorang yang bisa menyundul bola, menendang dengan kaki kiri maupan kanan sama baiknya dengan seseorang yang hanya mampu menendang dengan satu kaki, hanya satu kemampuan dan tak bisa menyundul bola,'' kata Pele seperti dikutip dari Mirror.

Tak berhenti di situ, Pele menilai Lionel Messi juga kalah bagus dengan tiga pemain hebat di masa lalu, termasuk Diego Maradona. Dua nama lainnya adalah Franz Beckenbauer dan Johan Cruyff.

"Sejauh yang saya ketahui, Maradona adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada. Jika Anda bertanya kepada saya, 'Apakah dia (Maradona) lebih baik daripada Messi?' Ya, dia jauh lebih baik,'' tutur Pele.

''Franz Beckenbauer, Johan Cruyff juga pemain yang sangat bagus dan lebih baik dari Messi,'' imbuhnya.

Lionel Messi sudah mulai mengalami penurunan karier. Dalam penghargaan Ballon d'Or 2018, ia tak lagi masuk daftar tiga besar terbaik. Pemain kelahiran Rosaria itu terlempar di posisi kelima karena kalah bersaing dengan Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe.

Berita Terkait

Berita Terkini