Boladunia

Ini Penjelasan Mantan Wasit Inggris Melihat Kartu Merah Ronaldo

Mark Clattenburg menilai asisten wasit pada laga tersebut melakukan kesalahan yang membuat wasit Felix Brych mengeluarkan kartu merah untuk Ronaldo.

Dany Garjito | Andiarsa Nata

Reaksi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo usai mendapatkan kartu merah saat melawan Valencia pada 19 September 2018 (Jose Jordan/AFP)
Reaksi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo usai mendapatkan kartu merah saat melawan Valencia pada 19 September 2018 (Jose Jordan/AFP)

Bolatimes.com - Mantan wasit Liga Primer Inggris, Mark Clattenburg ikut menanggapi kartu merah yang didapat Cristiano Ronaldo ketika laga perdana Liga Champions 2018/19 yang mempertemukan Juventus dengan Valencia. Clattenburg menilai asisten wasit pada laga tersebut melakukan kesalahan yang membuat wasit Felix Brych mengeluarkan kartu merah untuk Ronaldo.

Cristiano Ronaldo mendapatkan kartu merah setelah dianggap menjambak rambut dari bek Valencia, Jeison Murillo. Kejadian itu berawal ketika Ronaldo dan Murillo terlibat kontak fisik di dalam kotak penalti.

Murillo yang terjatuh akibat kontak fisik itu nampakknya membuat Ronaldo kesal sehingga eks pemain Real Madrid itu memegang kepala bek Valencia tersebut. Tindakan Ronaldo itulah yang membuat wasit, Felix Brych mengeluarkan kartu merah untuknya.

Melihat kejadian itu, Mark Clattenburg mempunyai pendapat sendiri terkait kejadian tersebut dan keputusan dari wasit. Clattenburg menilai asisten wasit yang membantu Felix Brych telah membuat keputusan yang salah melihat tindakan yang dilakukan oleh Ronaldo.

Reaksi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo saat menerima kartu merah saal pertandinan melawan Valencia pada 19 September 2018 (Jose Jordan/AFP)
Reaksi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo saat menerima kartu merah saal pertandinan melawan Valencia pada 19 September 2018 (Jose Jordan/AFP)

 

''Ronaldo terlihat jelas terganggu oleh akting Murillo dan meletakkan tangan di kepala bek tersebut,'' buka Mark Clattenburg seperti yang dilansir dari Express.

''Kontak fisik itu tampak sangat sedikit dan saya tidak bisa melihat bagaimana asisten wasit yang berdiri sekitar 20 yard jauhnya dapat menganggapnya sebagai perilaku kekerasan,'' lanjut pria berusia 43 tahun itu.

Mark Clattenburg juga memberikan pendapatnya jika ia yang memimpin pertandingan tersebut. Ia mengatakan tidak akan memberikan kartu merah kepada Ronaldo, Clattenburg akan memberikan kartu kuning kepada kedua pemain dan memberikan Valencia tendangan bebas.

''Jika saya memimpin pertandingan ini, saya akan memberikan Valencia tendangan bebas dan menunjukkan kartu kuning kepada kedua pemain,'' tutur Clattenburg.

''Ronaldo akan menjalani larangan satu pertandingan. Tetapi jika lebih dari itu akan berlebihan,'' tutupnya.

Kartu merah itu pun akan membuat Cristiano Ronaldo akan absen di pertandingan Juventus selanjutnya melawan Young Boys. Namun untuk lebih lanjut, kabarnya UEFA akan mengadakan pertemuan untuk menentukan apakah larangan bermain untuk Ronaldo harus diperpanjang.

Berita Terkait

Berita Terkini