Boladunia

Jerman Tersingkir, Lahm Kembalikan Trofi saat Final Piala Dunia

Trofi Piala Dunia 2018 akan diserahkan oleh legenda timnas Jerman, Philipp Lahm.

Stephanus Aranditio

Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)
Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)

Bolatimes.com - Sebagai juara bertahan, legenda tim nasional Jerman, Philipp Lahm dipercaya menjadi orang yang akan membawa trofi Piala Dunia kepada pemenang partai final antara Prancis Vs Kroasia.

Mantan kapten timnas Jerman itu akan menyerahkan trofi berbalut emas 18 karat yang pernah ia angkat pada perayaan juara Piala Dunia 2014 di Brasil. Bagi Philipp Lahm, mengembalikan trofi Piala Dunia ke partai final tahun ini adalah sebuah kebanggaan sekaligus kesedihan. 

"Saya menyampaikan kebanggaan bahwa sepak bola Jerman telah merasakannya selama empat tahun terakhir. Ini akan menjadi momen yang menyedihkan bagi kami dan Jerman yang gagal memenangkan piala kembali," kata Lahm.

Pemain yang telah 113 pertandingan membela Jerman itu akan dengan lapang dada membawa piala itu ke lapangan sebelum pertandingan dimulai.

"Saya mempersembahkan trofi atas nama tim nasional Jerman dan Jerman sendiri. Kami akan menyampaikan kebanggaan negara kami yang telah merasakan selama empat tahun terakhir merayakan peristiwa besar dan istimewa sebagai juara dunia. Kami akan menyerahkan kebanggaan itu kepada para pemenang," jelas Lahm.

Timnas Jerman Juara Piala Dunia
Timnas Jerman Juara Piala Dunia

Besok Minggu ia akan merasakan apa yang legenda timnas Spanyol, Carles Puyol rasakan saat membawa trofi ke final Piala Dunia 2014. Kala itu, Spanyol juga merasakan hal yang sama, terkena kutukan juara bertahan.

Legenda Bayern Muenchen itu masih ingat sekali saat final Piala Dunia 2014 melawan Argentina yang menegangkan. Saat itu pertandingan diselesaikan hingga 120 menit, Mario Gotze menjadi penyelamat Jerman dengan mencetak gol kemenangan pada menit ke-113.

"Saya berpikir tentang kapan peluit akhir ditiup di Final. Menit-menit setelah Mario Gotze mencetak golnya hingga akhir pertandingan adalah yang terlama sepanjang hidup saya. Saya hanya berpikir: 'Tolong, tolong, tiup saja peluitnya!'," jelas Lahm.

"Saya ingat Argentina mendapatkan tendangan bebas sebelum akhir dan Lionel Messi menembaknya di atas mistar gawang.Kemudian Manuel Neuer mengambil tendangan gawang - dan peluit ditiup. Beberapa menit terakhir dan satu atau dua jam setelah pertandingan akan selalu menjadi hal selalu saya pikirkan," tutup Lahm.

Trofi Piala Dunia akan berpindah tangan ke pemenang yang ke-21 antara Prancis Vs Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (15/7/2018) 22:00 WIB. 

Berita Terkait

Berita Terkini