Boladunia

Prediksi Kroasia vs Inggris di Semifinal, Duel Mengejar Mimpi

Baik timnas Kroasia maupun Inggris mengakui saat ini punya mimpi juara, tapi memilih fokus ke laga di depan mata.

Stephanus Aranditio

Kroasia Vs Inggris (bolatimes)
Kroasia Vs Inggris (bolatimes)

Bolatimes.com - Pertemuan Kroasia vs Inggris di laga semifinal kedua Piala Dunia 2018 mungkin beberapa pekan lalu tak terbayangkan oleh pelatih maupun para pemain kedua tim. Yang pertama, karena keduanya sama-sama tak mengira akan melaju sampai tahap ini --penampilan semifinal terakhir Kroasia adalah 20 tahun lalu sementara Inggris 28 tahun lalu. Kedua, bahwa mereka akan saling berhadapan, mustinya juga tak sempat diperkirakan sebelumnya.

Toh nyatanya, kini kedua tim bakal segera saling berlaga, tepatnya di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018) malam. Maka, tidak saja kenyataan bahwa apa yang tak terbayangkan sebelumnya kini harus dijalani --dengan sepenuh hati-- namun kedua kubu juga pastinya punya tekad dan impian untuk bisa maju ke partai puncak, bahkan kalau bisa meraih mimpi memeluk trofi juara.

"Setelah 20 tahun, kami kembali ke tempat mana kami seharusnya berada. Saya yakin kami pantas mendapatkannya. (Tapi) Saya tak bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika Kroasia jadi juara dunia. Mungkin orang-orang tak akan pergi bekerja (libur panjang) berhari-hari," ungkap pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, seperti dilansir FIFA.

"Kami sadar kami menghadapi sebuah tim yang sangat bagus. Kami memprediksi akan menjalani gaya sepak bola yang berbeda besok (Rabu ini), mungkin yang lebih cocok dengan (gaya) kami. Tapi kami tak punya tekanan. Kami akan bermain rileks, kami akan datang untuk menikmati (permainan) sepak bola," sambungnya.

Pelatih timnas Kroasia, Zlatko Dalic, saat memimpin latihan timnya, jelang laga semifinal Piala Dunia 2018 melawan Inggris, yang akan digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018) ini. [YURI CORTEZ / AFP]
Pelatih timnas Kroasia, Zlatko Dalic, saat memimpin latihan timnya, jelang laga semifinal Piala Dunia 2018 melawan Inggris, yang akan digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018) ini. [YURI CORTEZ / AFP]

"Kami memiliki para pemain berpengalaman di tim, (juga) pemain-pemain muda yang hebat, dan itulah kenapa kami bagus. Peluang kami melawan Inggris? Ini adalah semifinal, (jadi) saya kira peluang kami 50-50. Kami menghormati semua tim, tapi kami juga tak takut pada siapa pun. Kami percaya pada diri sendiri; kami hanya berpikir untuk (selalu) tampil lebih baik," tambah striker Mario Mandzukic pula, membeberkan prediksinya.

Di kubu lain, pemain tengah Inggris, Jordan Henderson, merasa bahwa mereka lebih baik fokus dulu pada pertandingan yang sudah di depan mata. Dia mengaku tak ingin berandai-andai lebih jauh dulu, karena memang begitulah pendekatan yang mereka lakukan di Piala Dunia 2018 sejauh ini.

"Saya kira kami akan berkonsentrasi saja pada apa yang akan dilakukan dan apa yang ingin kami buat. Kami jelas sudah tampil baik sejauh ini, tapi kami ingin meneruskannya. Kami menghadapi pertandingan satu demi satu, dan akan tetap seperti itu. Tak perlu menempatkannya (terasa) lebih besar dari apa yang sudah ada saat ini. Kami perlu fokus pada tugas di depan mata," tutur Henderson.

Namun, manajer Inggris yang juga mantan pemain timnas, Gareth Southgate, sempat juga mengutarakan impian yang kini berkeliaran di benak timnya maupun segenap pendukung mereka.

"Terus terang saja, Football is Coming Home adalah sebuah lagu yang tak pernah bisa kudengarkan sampai sebelum ini, selama lebih dari 20 tahun!" tutur Southgate.

Kolase foto wajah-wajah pendukung timnas Kroasia dan timnas Inggris, jelang laga semifinal antara keduanya di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018) ini. [AFP]
Kolase foto wajah-wajah pendukung timnas Kroasia dan timnas Inggris, jelang laga semifinal antara keduanya di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018) ini. [AFP]

Pemain Kunci dan Kondisi Tim

Saat ini, dilaporkan tidak ada masalah berarti secara fisik atau kebugaran, baik di kubu timnas Kroasia maupun timnas Inggris. Artinya, pelatih kedua tim tampaknya bakal bisa menurunkan deretan pilar terbaik mereka dalam laga penentuan menuju puncak ini.

Kroasia tentunya masih akan mengandalkan Luka Modric sebagai pengatur serangan dan otak kreativitas timnya. Selain Ivan Rakitic dan Marcelo Brozovic yang berkonsentrasi di tengah; daya serang mereka akan diperkuat oleh Ante Rebic, Ivan Perisic, serta tentunya Mario Mandzukic di ujung tombak. Sementara di bawah mistar, masih akan berdiri Danijel Subasic yang sejauh ini selalu tampil impresif.

Sementara itu di kubu Inggris, sang pencetak gol terbanyak saat ini, Harry Kane, tetap akan menjadi salah satu motor penggerak rekan-rekannya. Diprediksi masih akan berduet dengan Raheem Sterling, mereka akan diperkuat pilar lini tengah yang terdiri dari Kieran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard dan Ashley Young.

Penjaga gawang Jordan Pickford bakal bersaing dengan Subasic dalam melakukan aksi-aksi penyelamatan gemilang dalam laga ini. Sementara di depannya, diprediksi masih akan ada trio Kyle Walker, John Stones dan Harry Maguire, yang kokoh menjaga lini pertahanan mereka.

Suasana latihan para pemain timnas Inggris yang bersiap menghadapi Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018) ini. [ADRIAN DENNIS / AFP]
Suasana latihan para pemain timnas Inggris yang bersiap menghadapi Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018) ini. [ADRIAN DENNIS / AFP]

Head to Head dan Fakta Menarik

*Kroasia dan Inggris total tercatat sudah berjumpa 7 kali (sejak 1996 lalu), di mana dua di antaranya adalah laga persahabatan (uji coba). Dari catatan itu, Inggris mampu menang 4 kali, Kroasia menang 2 kali, sementara satu laga lagi berakhir imbang tanpa gol.

*Hampir tiga perempat (17 orang) dari skuat Inggris saat ini bahkan belum lahir ketika mereka terakhir kali tampil di semifinal Piala Dunia (4 Juli 1990 di Italia).

*Di kubu Kroasia, pemain termuda dalam skuat mereka saat ini, Duje Caleta-Car, baru berusia 1 tahun 9 bulan saat timnasnya tampil di semifinal Piala Dunia 1998 lalu (8 Juli di Prancis).

*Kroasia sudah kemasukan 4 gol selama putaran final Piala Dunia 2018 ini, di mana 3 di antaranya berasal dari situasi set piece (bola mati). Sementara itu Inggris justru unggul dalam hal set piece, di mana 8 gol mereka sejauh ini berasal dari situasi tersebut.

*Jika laga Kroasia vs Inggris tetap imbang sampai usai perpanjangan waktu, maka Kroasia akan menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Dunia yang harus menjalani 3 laga melalui adu penalti dalam satu turnamen.

Perjalanan di Piala Dunia 2018

Kroasia
16 Juni: Kroasia vs Nigeria 2-0
Gol Kroasia: Oghenekaro Etebo (bunuh diri), Luka Modric (penalti)

21 Juni: Argentina vs Kroasia 0-3
Gol Kroasia: Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Rakitic

26 Juni: Islandia vs Kroasia 1-2
Gol Kroasia: Milan Badelj, Ivan Perisic

1 Juli (16 Besar): Kroasia vs Denmark 1-1 (3-2)
Gol Kroasia (waktu normal): Mario Mandzukic

7 Juli (Perempat Final): Rusia vs Kroasia 2-2 (3-4)
Gol Kroasia (waktu normal): Andrej Kramaric, Domagoj Vida

Inggris
18 Juni: Tunisia vs Inggris 1-2
Gol Inggris: Harry Kane (2x)

24 Juni: Inggris vs Panama 6-1
Gol Inggris: John Stones, Jesse Lingard, Harry Kane (3x/2 penalti)

28 Juni: Inggris vs Belgia 0-1

3 Juli (16 Besar): Kolombia vs Inggris 1-1 (3-4)
Gol Inggris: Harry Kane (penalti)

7 Juli (Perempat Final): Swedia vs Inggris 0-2
Gol Inggris: Harry Maguire, Dele Alli

Prakiraan Pemain (Starting Line-up)

Kroasia: Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic,
Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane.
Pelatih: Gareth Southgate

Data pertandingan:
Laga semifinal Piala Dunia 2018
Venue: Stadion Luzhniki (Moskow)
Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

 

Berita ini sudah ditayangkan di suara.com

Berita Terkait

Berita Terkini