Piala Dunia: 5 Fakta Penting di Balik Laga Rusia Vs Arab Saudi

Lima gol Rusia bersarang ke gawang Arab Saudi pada laga pembuka Piala Dunia 2018.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Jum'at, 15 Juni 2018 | 06:30 WIB
Rusia Vs Arab Saudi (Sumber: FIFA)

Rusia Vs Arab Saudi (Sumber: FIFA)

Bolatimes.com - Rusia berhasil membuka Piala Dunia 2018 dengan pesta lima gol tanpa balas ke gawang Arab Saudi. Rusia berpesta dihadapan 81.000 penonton yang memadati Stadion Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam WIB.

Dominasi tim Beruang Merah (julukan Rusia) dalam pertandingan ini sangat terlihat, selama 90 menit penuh mereka menguasai hampir 75 persen lebih wilayah penyerangan.

Berikut Bolatimes merangkum lima fakta penting di balik kemenangan Rusia atas Arab Saudi:

Baca Juga: Cetak Brace, Cheryshev Jadi Man of the Match Laga Rusia Vs Arab

1. Yuri Gazinskiy, Pencetak pertama Piala Dunia 2018

Piala Dunia: 5 Fakta Penting di Balik Laga Rusia Vs Arab Saudi - 1

Pemain Rusia, Yuri Gazinskiy berhasil mencatatkan namanya sebagai pemain ke-21 yang mencetak gol pertama di Piala Dunia. Pemain bernomor punggung 8 itu berhasil melesatkan gol pertama di laga pembuka Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Rusia Bantai Arab Saudi di Laga Pembuka Piala Dunia 2018

Umpan silang terukur yang dilepaskan Aleksandr vin tidak disia-siakan Yuri Gazinskiy tidak terkawal di sisi kanan gawang Abdullah. Tandukkannya pun mengubah papan skor menjadi 1-0 pada menit ke-12.

Bahkan, itu tercipta lewat peluang pertama Rusia. Gazinskiy otomatis sejajar dengan legenda timnas Jerman, Philipp Lahm, yang juga mencetak gol di partai pembuka melalui peluang pertama pada Piala Dunia 2006 saat mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2.

2. Denis Cheryshev, Pemain pengganti pertama yang mencetak gol sepanjang sejarah Piala Dunia.

Baca Juga: Rusia Vs Arab Saudi, Tuan Rumah Unggul di Babak Pertama

Piala Dunia: 5 Fakta Penting di Balik Laga Rusia Vs Arab Saudi - 2

Dua gol yang Denis Cheryshev lesatkan pada menit ke -43 dan 90+1 menjadikan dirinya terpilih menjadi Man of the Match dalam pertandingan kali ini.  Lebih istimewa lagi, ia dinobatkan sebagai pemain pengganti pertama yang mencetak gol sepanjang sejarah Piala Dunia.

Di partai pembuka Piala Dunia 2018 itu, Cheryshev tampil sebagai pemain pengganti. Pemain berusia 27 tahun itu masuk menggantikan Alan Dzagoev yang mengalami cedera di menit 24.

Baca Juga: Indra Sjafri Prediksi Jerman Juara Piala Dunia 2018

Statistik pertandingan menunjukkan, winger Villarreal itu melepaskan tiga tendangan ke gawang. Dengan dua diantaranya berhasil menggetarkan gawang The Green Falcon.

3. Ramalan Achilles Jitu

Piala Dunia: 5 Fakta Penting di Balik Laga Rusia Vs Arab Saudi - 3

Si kucing tuli peramal Piala Dunia 2018, Achilles meralam Rusia bakal memenangkan pertandingan melawan Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018. 

Beberapa jam jelang pertandingan, Achilles memilih mangkuk yang berisi menu sarapannya yang berbendera Rusia. Ramalan Achiless terbukti jitu, Rusia menang 5-0 atas Arab Saudi. Menarik untuk menanti ramalan Achiless selanjutnya.

4. Arab Saudi unggul penguasaan bola

Piala Dunia: 5 Fakta Penting di Balik Laga Rusia Vs Arab Saudi - 4

Meski harus menelan kekalahan telak 0-5 dari Rusia, nyatanya Arab Saudi menunjukkan statistik yang lumayan baik dari segi penguasaan bola. Mereka berhasil menorehkan 60 persen pengusaaan bola.

Permainan bola pendek dari kaki-ke-kaki mereka terbukti cukup efektif, tercatat 442 kali atau 86 persen operan Arab Saudi sukses. Namun, lini pertahanan dan kreasi serangan wajib menjadi pekerjaan rumah besar skuat Green Falcons di laga selanjutnya.

5. Aleksandr vin, kartu kuning pertama di Piala Dunia 2018

Piala Dunia: 5 Fakta Penting di Balik Laga Rusia Vs Arab Saudi - 5

Pemain Rusia, Aleksandr vin menjadi pemain pertama yang membuka keran kartu di Piala Dunia 2018. Pemain berusia 22 tahun itu melakukan pelanggaran kepada salah satu pemain  Arab Saudi pada menit ke-88.

Namun, vin pada pertandingan ini juga mencatatkan rekor sebagai pemain Rusia pertama yang menorehkan dua assist sejak 1986. Ia terlibat dalam gol yang dicetak oleh Artem Dzyuba (71') dan Yuri Gazinskiy (12'). Sama dengan Dazinskiy, vin otomatis menjadi pencetak assist pertama Piala Dunia 2018.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak