Boladunia

Seberapa Hebat Julen Lopetegui?

Julen Lopetegui resmi akan menangani Real Madrid mulai musim depan. Namun, seberapa hebat dia ya?

Tinwarotul Fatonah | Irwan Febri Rialdi

Julen Lopetegui. (Sumber: Instagram/@julenlopetegui)
Julen Lopetegui. (Sumber: Instagram/@julenlopetegui)

Bolatimes.com - Real Madrid telah resmi mengumumkan nama baru sebagai pengganti Zenedine Zidane. Ya, dia adalah Julen Lopetegui yang saat ini memegang kendali Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Los Blancos mengumumkan Lopetegui sebagai pelatih anyar pada Selasa (12/6/2018) waktu setempat. Kabar ini terbilang mengejutkan, pasalnya tak ada nama pelatih 51 itu dalam radar pengganti Zidane sebelumnya.

Selain itu, ia tengah masih fokus bersama Andres Iniesta dan kolega di Rusia dan baru saja memperpanjang kontrak dengan negeri Matador hingga 2020.

Lantas seberapa hebat Julen Lopetegui?

Seberapa Hebat Julen Lopetegui? - 1

Sumber: Instagram/@julenlopetegui

Sejarah mencatat, belum banyak prestasi yang tercipta saat Lopetegui menangani sebuah klub. Porto menjadi satu-satunya klub yang ada di curriculum vitae (CV) Lopetegui.

Namun, jangan salah. Debutnya sebagai pelatih klub berhasil membawa Porto finis di posisi dua Liga Portugal pada 2014/2015. Ia menorehkan 53 kemenangan, 16 hasil imbang, dan hanya sembilan kekalahan dari 78 laga.

Karier kepelatihan Lopetegui lebih banyak dihabiskan bersama tim nasional Spanyol muda. Mulai dari timnas Spanyol U-19 dan U-21 pernah diasuhnya. Bersama dua tim kelompok umur Lopetegui mempersembahkan juara Eropa pada 2012/2013. Sepak terjang itu lah yang membuat Porto menggaet Lopetegui.

Seberapa Hebat Julen Lopetegui? - 2

Sumber: Instagram/@julenlopetegui

Kiprah mentereng Lopetegui di Portugal kembali dilirik negera sendiri. Ia naik level menjadi pelatih Timnas Spanyol sejak 21 Juli 2016.

Di bawah arahan Lopetegui, Spanyol tampil begitu mengesankan. La Furia Roja tak terkalahkan di tangan pelatih 51 tahun itu sejak gagal di Piala Eropa 2016. Rinciannya yakni 14 kali kemenangan dan enam kali hasil seri dari 20 pertandingan.

Kini dengan berbagai bekal prestasi yang memukau, Lopetegui akan menjadi pelatih Real Madrid mulai musim depan. Menarik apa yang bisa ia persembahkan untuk klub Ibu Kota Spanyol itu, menyusul pelatih sebelumnya Zinedine Zidane telah banyak meninggalkan memori manis.

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Berita Terkait

Berita Terkini