Menanti Kejutan Islandia, Negara Terkecil di Piala Dunia 2018

Menahan imbang Portugal pada fase grup dan mengalahkan Inggris pada babak 16 besar menjadi titik ketenaran dan kejutan timnas Islandia pada Euro 2016. Bagaimana peluang mereka di Piala Dunia 2018?

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Selasa, 12 Juni 2018 | 14:31 WIB
Ilustrasi Skuat Islandia (sumber: ksi.is)

Ilustrasi Skuat Islandia (sumber: ksi.is)

Bolatimes.com - Secara jumlah penduduk, Islandia memang negara paling kecil jika dibandingkan dengan 31 kontestan Piala Dunia 2018 lainnya. Namun, sedikitnya jumlah penduduk mereka tersebut justru membuat kekuatan sepak bola Islandia semakin menggelora.

Selebrasi "Viking Clap" seusai pertandingan yang mereka kampanyekan selama Euro 2016 jadi momen sakral yang menyatukan mereka dalam satu semangat dibawah satu bendera Islandia.

Negara dengan populasi sebanyak 332.529 penduduk dan luas 103.000 km itu mengirim 23 pemuda terbaiknya ke Rusia untuk bertarung di pentas sepak bola akbar seluruh dunia, Piala Dunia 2018. 23 Pemuda ini akan diarahkan oleh pelatih bertangan dingin Heimir Hallgrímsson.

Baca Juga: Bek Rusia Ini Siap Tiru Cara Ramos Hentikan Salah di Piala Dunia

Pelatih kelahiran Vestmannaeyjar, Islandia itu kembali berhasil membawa Islandia ke Piala Dunia setelah lolos dalam kualifikasi zona Eropa sebagai juara Grup I dengan 22 poin dari 10 partai , menyingkirkan Finlandia, Kosovo, Turki, dan Ukraina.

Menanti Kejutan Islandia, Negara Terkecil di Piala Dunia 2018 - 1

Skuat Islandia tiba di Rusia (sumber: twitter)

Baca Juga: Ini Jadwal Pertandingan di Grup A Piala Dunia 2018 Rusia

Di Rusia, racikan pelatih berusia 51 tahun akan kembali diuji, Lionel Messi bersama skuat Argentina akan jadi ujian pertama Islandia di grup D pada Sabtu (16/6/2018). Aron Gunnarsson cs di pertandingan kedua akan menghadapi tim nyentrik Nigeria (22/6/2018), terakhir mereka akan menghadapi Kroasia (27/6/2018).

Bek Islandia, Kari Arnason mengatakan kebersamaan jadi kunci kepercayaan diri negara yang berada di wilayah Skandinavia tersebut untuk tampil di Piala Dunia 2018.

"Kebersamaan adalah sesuatu yang bisa kami rasakan di lapangan," kata Kari Arnason kepada FIFA.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia, Roberto Martinez: Kami 100 Persen Siap

Pencetak gol terbanyak Islandia, Eidur Gudjohnsen mengatakan skuat Islandia saat ini adalah generasi emas kelahiran 1988-1990 yang sudah mereka bangun sejak 2011 sangat memberi kejutan di Euro U-21 2011.

"Saya ragu-ragu untuk menggunakan kalimat itu, tetapi Anda bisa mengatakan bahwa mereka adalah generasi emas. Mereka adalah pemain Islandia pertama yang membuat final Kejuaraan Eropa U-21. Mereka sudah bersama untuk waktu yang lama," jelas Eidur Gudjohnsen.

Menanti Kejutan Islandia, Negara Terkecil di Piala Dunia 2018 - 2

Baca Juga: Napoli Dapatkan Verdi Untuk Perkuat Barisan Penyerang

Pelatih Islandia, Heimir Hallgrímsson (sumber: twitter)

Pelatih Hallgrímsson tak punya banyak pilihan pemain seperti negara lain, pasalnya di Islandia tercatat hanya sekitar 22 ribu orang yang berprofesi sebagai pesepak bola. 

Sampai akhirnya Hallgrimsson telah memutuskan 23 nama pemain, salah satunya gelandang serang Everton yang sempat absen selama dua bulan akibat cedera Sigurdsson

Selain itu, di daftar skuat tersebut juga ada beberapa pemain Islandia yang Januari lalu ikut bertanding dalam laga uji coba melawan timnas Indonesia di Jakarta dan Yogyakarta, seperti Frederik Schram, Runar Runarsso, Holmar Eyjolfsson, Samuel Fridjonsson, Olafur Skulason, Albert Gudmundsson, dan Bjorn Sigurdarson.

 

 

Berikut daftar lengkap 23 nama skuat Islandia di Piala Dunia 2018:

Kiper: Hannes Thor Halldorsson (Randers FC), Runar Alex Runarsson (FC Nordsjaelland), Frederik Schram (FC Roskilde).

Bek: Kari Arnason (Aberdeen), Ari Freyr Skulason (Lokeren), Birkir Mar Saevarsson (Valur), Sverrir Ingi Ingason (FC Rostov), Hordur Magnusson (Bristol City), Holmar Orn Eyjolfsson (Levski Sofia), Ragnar Sigurdsson (FC Rostov).

Gelandang: Johann Berg Gudmundsson (Burnley), Birkir Bjarnason (Aston Villa), Arnor Ingvi Traustason (Malmo FF), Emil Hallfredsson (Udinese), Gylfi Sigurdsson (Everton), Olafur Ingi Skulason (Kardemir Karabukspor), Rurik Gislason (Sandhausen), Samuel Fridjonsson (Valerenga), Aron Gunnarsson (Cardiff City).

Penyerang: Alfred Finnbogason (FC Augsburg), Bjorn Bergmann Sigurdarson (FC Rostov), Jon Dadi Bodvarsson (Reading), Albert Gudmundsson (PSV Eindhoven).

Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah skuat berjuluk Strákarnir okkar (Our Boys) di Piala Dunia 2018!

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak