Boladunia

Menanti Kejutan Islandia, Negara Terkecil di Piala Dunia 2018

Menahan imbang Portugal pada fase grup dan mengalahkan Inggris pada babak 16 besar menjadi titik ketenaran dan kejutan timnas Islandia pada Euro 2016. Bagaimana peluang mereka di Piala Dunia 2018?

Stephanus Aranditio

Ilustrasi Skuat Islandia (sumber: ksi.is)
Ilustrasi Skuat Islandia (sumber: ksi.is)

Bolatimes.com - Secara jumlah penduduk, Islandia memang negara paling kecil jika dibandingkan dengan 31 kontestan Piala Dunia 2018 lainnya. Namun, sedikitnya jumlah penduduk mereka tersebut justru membuat kekuatan sepak bola Islandia semakin menggelora.

Selebrasi "Viking Clap" seusai pertandingan yang mereka kampanyekan selama Euro 2016 jadi momen sakral yang menyatukan mereka dalam satu semangat dibawah satu bendera Islandia.

Negara dengan populasi sebanyak 332.529 penduduk dan luas 103.000 km itu mengirim 23 pemuda terbaiknya ke Rusia untuk bertarung di pentas sepak bola akbar seluruh dunia, Piala Dunia 2018. 23 Pemuda ini akan diarahkan oleh pelatih bertangan dingin Heimir Hallgrímsson.

Pelatih kelahiran Vestmannaeyjar, Islandia itu kembali berhasil membawa Islandia ke Piala Dunia setelah lolos dalam kualifikasi zona Eropa sebagai juara Grup I dengan 22 poin dari 10 partai , menyingkirkan Finlandia, Kosovo, Turki, dan Ukraina.

Menanti Kejutan Islandia, Negara Terkecil di Piala Dunia 2018 - 1

Skuat Islandia tiba di Rusia (sumber: twitter)

Di Rusia, racikan pelatih berusia 51 tahun akan kembali diuji, Lionel Messi bersama skuat Argentina akan jadi ujian pertama Islandia di grup D pada Sabtu (16/6/2018). Aron Gunnarsson cs di pertandingan kedua akan menghadapi tim nyentrik Nigeria (22/6/2018), terakhir mereka akan menghadapi Kroasia (27/6/2018).

Bek Islandia, Kari Arnason mengatakan kebersamaan jadi kunci kepercayaan diri negara yang berada di wilayah Skandinavia tersebut untuk tampil di Piala Dunia 2018.

"Kebersamaan adalah sesuatu yang bisa kami rasakan di lapangan," kata Kari Arnason kepada FIFA.

Pencetak gol terbanyak Islandia, Eidur Gudjohnsen mengatakan skuat Islandia saat ini adalah generasi emas kelahiran 1988-1990 yang sudah mereka bangun sejak 2011 sangat memberi kejutan di Euro U-21 2011.

"Saya ragu-ragu untuk menggunakan kalimat itu, tetapi Anda bisa mengatakan bahwa mereka adalah generasi emas. Mereka adalah pemain Islandia pertama yang membuat final Kejuaraan Eropa U-21. Mereka sudah bersama untuk waktu yang lama," jelas Eidur Gudjohnsen.

Menanti Kejutan Islandia, Negara Terkecil di Piala Dunia 2018 - 2

Pelatih Islandia, Heimir Hallgrímsson (sumber: twitter)

Pelatih Hallgrímsson tak punya banyak pilihan pemain seperti negara lain, pasalnya di Islandia tercatat hanya sekitar 22 ribu orang yang berprofesi sebagai pesepak bola. 

Sampai akhirnya Hallgrimsson telah memutuskan 23 nama pemain, salah satunya gelandang serang Everton yang sempat absen selama dua bulan akibat cedera Sigurdsson

Selain itu, di daftar skuat tersebut juga ada beberapa pemain Islandia yang Januari lalu ikut bertanding dalam laga uji coba melawan timnas Indonesia di Jakarta dan Yogyakarta, seperti Frederik Schram, Runar Runarsso, Holmar Eyjolfsson, Samuel Fridjonsson, Olafur Skulason, Albert Gudmundsson, dan Bjorn Sigurdarson.

 

 

Berikut daftar lengkap 23 nama skuat Islandia di Piala Dunia 2018:

Kiper: Hannes Thor Halldorsson (Randers FC), Runar Alex Runarsson (FC Nordsjaelland), Frederik Schram (FC Roskilde).

Bek: Kari Arnason (Aberdeen), Ari Freyr Skulason (Lokeren), Birkir Mar Saevarsson (Valur), Sverrir Ingi Ingason (FC Rostov), Hordur Magnusson (Bristol City), Holmar Orn Eyjolfsson (Levski Sofia), Ragnar Sigurdsson (FC Rostov).

Gelandang: Johann Berg Gudmundsson (Burnley), Birkir Bjarnason (Aston Villa), Arnor Ingvi Traustason (Malmo FF), Emil Hallfredsson (Udinese), Gylfi Sigurdsson (Everton), Olafur Ingi Skulason (Kardemir Karabukspor), Rurik Gislason (Sandhausen), Samuel Fridjonsson (Valerenga), Aron Gunnarsson (Cardiff City).

Penyerang: Alfred Finnbogason (FC Augsburg), Bjorn Bergmann Sigurdarson (FC Rostov), Jon Dadi Bodvarsson (Reading), Albert Gudmundsson (PSV Eindhoven).

Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah skuat berjuluk Strákarnir okkar (Our Boys) di Piala Dunia 2018!

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini