Duh Penggawa Timnas Jerman Ini Dikecam Usai Foto Bersama Erdogan

Salah satu penggawa Arsenal, Mesut Ozil mendapatkan kritikan keras setelah terlihat melakukan sesi foto bersama Presiden Turki Tayyip Erdogan.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Kamis, 17 Mei 2018 | 08:38 WIB
Mesut Ozil/Instagram

Mesut Ozil/Instagram

Bolatimes.com - Salah satu penggawa Arsenal, Mesut Ozil mendapatkan kritikan keras setelah terlihat melakukan sesi foto bersama Presiden Turki Tayyip Erdogan.

Dilansir dari Al Jazeera, Ozil bersama rekan senegaranya yang juga pemain Manchester City, Ilkay Gundogan bersua dengan Erdogan di Kedutaan Besar Turki di London Inggris, pada Hari Minggu kemarin. Pemimpin Turki tersebut datang ke Inggris untuk bertemu Perdana Menteri Inggris Theresa May. Dalam pertemuan tersebut hadir pula striker Everton asal Turki, Cenk Tosun.

Diketahui pertemuan tersebut diakhiri dengan pemberian sebuah jersey yang dibubuhi tandatangan Ozil dan Gundogan. Mereka juga tak lupa mengabadikan momen tersebut dengan foto bersama yang kemudian diunggah ke akun Ozil dan partai milik Erdogan.

Sontak sejumlah foto tersebut langsung menimbulkan reaksi. Sejumlah pejabat di Turki mengecam pertemuan tersebut, Erdogan dituduh memanfaatkan ikon sepak bola Jerman tersebut sebagai alat kampanyenya menghadapi Pemilu yang akan digelar bulan depan.

Kritik pun juga keluar dari Federasi Sepakbola Jerman (DBF). Presiden Federasi Sepakbola Jerman, Reinhard Grindel menyebut bahwa aksi yang dilakukan kedua pemain Timnas Jerman tersebut sebagai sesuatu yang tak elok.

"DFB, tentu saja, menghormati situasi khusus para pemain kami dengan latar belakang mereka sebagai orang migran. Tetapi sepakbola dan DFB mewakili nilai-nilai yang tidak cukup dihormati oleh Mr Erdogan. Itulah mengapa tidak baik bagi pemain nasional kita untuk disalahgunakan oleh manuver kampanyenya. Kedua pemain kami jelas tidak membantu kerja integrasi DFB dengan tindakan ini," tegasnya.

Koordinator tim DFB, Oliver Bierhoff, menyatakan tak meragukan komitmen Ozil dan Gundogan untuk timnas Jerman.

"Mereka tidak menyadari simbolisasi foto-foto ini, tetapi kami tidak bisa mendukungnya, dan kami akan membicarakan hal ini kepada pemain," kata mantan pemain timnas Jerman itu.

Di tengah sorotan itu, Gundogan menyatakan bahwa ia dan Ozil tidak memiliki niat untuk melibatkan diri ke ranah politik.

"Bukan niat kami untuk membuat pernyataan politis dengan foto ini, apalagi sebagai kampanye. Sebagai pemain timnas Jerman, kami menjunjung nilai DFB dan menyadari tanggung jawab kami," kata dia dilansir dari Sky Sport.

Pelatih Timnas Jerman Joachim Low pun pasang badan menyikapi persoalan yang tengah melanda pemainnya tersebut. Ia menyebut bahwa keduanya tak memiliki niat untuk masuk ke ranah politik seperti tuduhan yang saat ini ditujukan kepada mereka.

"Dari sisi federasi, jelas tindakan mereka tidak menguntungkan. Ketika Anda bermain untuk Jerman, Anda mewakili nilai-nilai Jerman," kata Low.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak