Meraba Nasib Emery Lewat Gestur Tepok Jidat Sang Presiden

Prestasi PSG merosot, fakta yang tak terbantahkan.

Syaiful Rachman | BolaTimes.com
Sabtu, 10 Maret 2018 | 17:09 WIB
Kolase foto Unai Emery dan Nasser Al-Khelaifi [AFP]

Kolase foto Unai Emery dan Nasser Al-Khelaifi [AFP]

Bolatimes.com - Melirik jam tangan dilengannya, wasit asal Jerman Felix Brych, meniupkan peluit panjang sambil mengangkat kedua tangan dan mengarahkannya ke titik tengah lapangan. Tanda laga leg kedua antara Paris Saint-Germain (PSG) kontra Real Madrid berakhir di menit 90+5.

Sebagian besar dari pendukung yang hadir di Parc des Princes pun terdiam. Di ruang VVIP terlihat wajah Nasser Al-Khelaifi merah padam. Presiden PSG itu tampaknya tidak bisa menyembunyikan rasa kecewa yang teramat sangat atas hasil pertandingan Rabu (7/3/2018).

Skor 1-2 yang diraih anak-anak asuh Unai Emery tidak cukup untuk menambal defisit gol dari kekalahan 3-1 PSG di leg pertama yang berlangsung di Santiago Bernabeu, 15 Februari lalu. PSG pun kembali dihadapkan dengan kenyataan pahit, yaitu tersingkir di babak 16 besar seperti musim lalu.

Pemain PSG terlihat kecewa usai tersingkir di babak 16 besar Liga Champions [AFP]
Pemain PSG terlihat kecewa usai tersingkir di babak 16 besar Liga Champions [AFP]

Emery terlalu takut menghadapi Madrid secara terbuka

Tersingkir dengan agregat telak 5-2, para pemain PSG hanya bisa tertunduk lesu saat memasuki lorong menuju kamar ganti. Perasaan mereka campur aduk, marah dan kecewa. Tidak terkecuali Julian Draxler yang dalam laga itu turun sebagai pemain pengganti.

Draxler mengaku kecewa dengan strategi yang diterapkan Emery. Menurutnya, pelatih asal Spanyol itu terlalu takut untuk bermain lebih terbuka menghadapi tim seperti Madrid.

"Saya terkejut dan marah. Kami hanya mengalirkan bola maju mundur, dan anda tidak akan bisa mencetak gol jika bermain seperti itu," ujar Draxler seperti dikutip Soccerladuma.

"Anda harus menekan setelah tahu tertinggal agregat 3-1, bukan hanya memancing dan menunggu kesempatan. Kita harus menekan lawan sejak awal," sambungnya mengkritik keras strategi Emery.

Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi (kiri) dan presiden Real Madrid Florentino Perez menyaksikan pertandingan di Parc des Princes [AFP]
Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi (kiri) dan presiden Real Madrid Florentino Perez menyaksikan pertandingan di Parc des Princes [AFP]

Kekecewaan sang presiden dan penyesalannya menendang Laurent Blanc

Tersingkir dari kompetisi kasta tertinggi benua biru, para pemain sudah pasti kecewa. Tapi paling tidak, kekecewaan mereka, emosi mereka, tidak sebesar Khelaifi yang sudah sangat mendambakan kejayaan PSG di kompetisi kasta tertinggi Eropa sejak mengambil alih klub tersebut di tahun 2011.

"Ini bukan saatnya. Semua orang kesal," ujar Khelaifi usai pertandingan seperti dikutip Soccerway.

Fakta menunjukkan, keputusan Khelaifi dua tahun lalu keliru. Yaitu Keputusan menendang pelatih sebelumnya, Laurent Blanc.

Seperti diketahui, bersama asistennya Jean Louis Gasset, Blanc ditendang Khelaifi karena dinilai gagal memenuhi ambisi pebisnis asal Qatar itu untuk menjuarai Liga Champions.

Di musim 2015/16, yang merupakan musim ketiganya bersama PSG, Blanc hanya mampu membawa PSG ke babak perempat final. Sama seperti di dua musim sebelumnya, 2013/14 dan 2014/15.

Meski hanya mampu mencetak hattrick tiket perempat final Liga Champions bagi PSG, tiga tahun menukangi Edinson Cavani dan kawan-kawan Blanc berhasil mempersembahkan 11 trofi domestik, termasuk tiga mahkota Ligue 1.

Akan tetapi, saat itu Khelaifi sudah gelap mata. Alih-alih memberikan Blanc kesempatan, Khelaifi memilih untuk menggantikannya dengan Unai Emery, yang saat itu sukses mengantar Sevilla menjuarai Liga Europa tiga musim berturut-turut.

Demi ambisinya memenangkan Liga Champions, Khelaifi memenuhi semua keinginan Emery yang merapat di awal musim 2016/17. Bahkan menggelontorkan dana ratusan juta euro untuk memboyong pemain-pemain bintang macam Neymar dan Kylian Mbappe.

Namun kenyataan berkata lain. Di bawah asuhan Emery prestasi PSG justru merosot. Kehilangan mahkota Ligue 1 di musim 2016/17 dan hanya bermain di babak 16 besar Liga Champions selama dua musim (2016/17 dan 2017/18) berturut-turut, sangat jelas perbedaan pencapaian Emery dengan Blanc.

Pelatih PSG Unai Emery tertunduk lesu setelah timnya disingkirkan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions [AFP]
Pelatih PSG Unai Emery tertunduk lesu setelah timnya disingkirkan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions [AFP]

Reformasi dan kabar burung yang semakin santer

Sudah menghabiskan banyak uang namun prestasi merosot, wajar saja jika Khelaifi kecewa. Bahkan, jika pebisnis asal Qatar itu muak dan memilih untuk menendang Emery, hal itupun bisa dimaklumi.

Memang belum ada kata pecat yang terlontar dari mulut Khelaifi. Akan tetapi, kenyataan jika PSG mulai melirik pelatih lain tidaklah berlebihan.

Sejumlah media Prancis menyebut jika Khelaifi mulai melirik sejumlah pelatih untuk menggantikan Emery musim depan. Diantaranya adalah manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino, pelatih Juventus Massimiliano Allegri dan Zinedine Zidane yang sukses membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions dua kali berturut-turut.

Nasib Emery dan reformasi PSG memang masih tanda tanya. Namun nama terakhir terdengar sangat menjanjikan bagi Khelaifi untuk mewujudkan mimpinya menggondol trofi Si Kuping Besar ke Parc des Princes di musim yang akan datang.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak