Arena

Kasihan, Mantan Rival Mohammad Ali di Jakarta Kini Jadi Gelandangan

Rudi Lubbers bahkan hidup di jalanan dengan anjing liar.

Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi

Legenda tinju asal Belanda, Rudi Lubbers. (Dok. limburger.nl).
Legenda tinju asal Belanda, Rudi Lubbers. (Dok. limburger.nl).

Bolatimes.com - Nasih nahas tengah menimpa legenda tinju asal Belanda, Rudi Lubbers. Dulu begitu perkasa dengan otot kekarnya, kini pria 73 tahun itu hidup tertatih-tatih seperti gelandangan.

Rudi Lubbers dulunya adalah salah satu petinju ternama di dunia. Ia adalah wakil Belanda pada Olimpiade 1964 dan 1968, sebelum akhirnya menjadi petinju profesional pada 1970.

Ia sempat menjadi melawan Muhammad Ali dalam pertarungan kelas berat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 20 Oktober 1973. Namun, akhirnya ia kalah lewat duel 12 ronde.

Pertarungannya kala itu pun menghasilkan uang yang begitu besar, yakni Rp1,75 miliar.

Kini masa kejayaannya telah sirna. Kabar terbaru, Rudi Lubbers bersama istrinya Ria hidup sebagai gelandangan di Bulgaria. Ia bertahan hidup di sebuah mobil van bobrok dengan kondisi kekurangan listrik, air, dan sanitasi buruk bersama 16 anjing liar. Kehidupan itu membuat dirinya sempat dilarikan ke rumah sakit.

"Yang paling penting sekarang adalah istri saya kembali dalam kondisi baik dan dapat melihat anjing-anjing itu lagi," kata Lubbers seperti dikutip dari Globalnews.ca, Rabu (6/2/2019).

"Di Bulgaria, tidak mungkin tinggal di rumah dengan banyak anjing. Mungkin saja jika Anda memiliki tiga atau empat anjing, tetapi pada satu saat saya memiliki 16 anjing dengan bayi," lanjutnya.

"Saya akan hidup normal, tetapi saya tidak tahu apakah saya bisa tinggal di rumah. Saya lebih senang berkemping," tutup Rudi.

Kondisi ini diketahui orang banyak setelah kisahnya diangkat melalui film dokumenter dan ditayangkan pada Minggu lalu. Banyak orang di Belanda terkejut melihat pahlawan tinju mereka dalam situasi yang sangat menyedihkan.

Kini telah terkumpul dana lebih dari 12.500 euro atau Rp210 juta untuk membantu Rudi. Tak hanya itu, ia juga sudah bertemu kembali dengan putranya Marco setelah tak berhubungan selama dua tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini