Cara Menggiring Bola Seperti Cristiano Ronaldo, Perhatikan 4 Hal Ini

Beginilah cara menggiring bola seperti Cristiano Ronaldo

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 24 September 2022 | 05:00 WIB
Aksi Cristiano Ronaldo saat Manchester United dikalahkan Everton 0-1. (AFP)

Aksi Cristiano Ronaldo saat Manchester United dikalahkan Everton 0-1. (AFP)

Bolatimes.com - Meski usianya sudah tak lagi muda, Cristiano Ronaldo masih menjadi role model pesepak bola muda dengan salah satu ciri khas dan gayanya menggiring bola.

Cristiano Ronaldo masih menjadi salah satu pesepak bola terbaik di dunia selain Lionel Messi, meski usianya yang sudah tak lagi muda.

Tak dipungkiri banyak pemain muda yang menjadikan kedua pemain ini sebagai role model bermain saat berada di atas lapangan pertandingan.

Salah satu yang menarik diperhatikan, baik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masing-masing memiliki cara menggiring bola yang berbeda.

La Pulga lebih mengedepankan menguasai bola dengan umpan satu-dua bersama rekan setim dan menunggu momen untuk melakukan solo-run kemudian mencetak gol.

Sementara Ronaldo lebih kepada mengandalkan kecepatan, memanfaatkan momen sekecil apa pun untuk menjadikannya sebagai gol.

Sederet metode sederhana bisa diterapkan dalam latihan untuk bisa meniru cara menggiring bola layaknya Cristiano Ronaldo, berikut di antaranya.

Tingkatkan Kecepatan

Meningkatkan kecepatan untuk bisa menyamai bagaimana Ronaldo bisa menggiring bola dalam posisi mengandalkan kecepatan.

Lakukan sprint setiap hari, bisa dimulai dengan joging lebih dulu sebelum memulai latihan sprint, selain itu bisa memanfaatkan tangga dan corong.

Pelajari teknik flicks feint dan step over, setelahnya melakukan dribel menggunakan kerucut atau corong dengan kecepatan kuat.

Pelajari Gerakan Khusus

Lakukan step over atau gunting, bisa dengan mengayunkan kaki di sekeliling bola dan melakukan tipuan vadan saat yang sama untuk mengecoh lawan.

Pahami Ronaldo Chop, dengan melompat menggunakan satu kaki dan pakai bagian dalam kaki bergerak ke arah sebaliknya secara bersamaan.

Lakukan umpan bola ke kotak penalti, memakai kecepatan dan trik untuk mengalahkan serta mengumpan bola ke kotak penalti.

Tingkatkan Kontrol

Melakukan peningkatan kontrol secara ketat, bisa dilakukan dengan tidak menendang bola lebih dari lima meter karena mudah ditekel lawan.

Menjaga bola untuk tetap lengket di kaki dan bisa berlatih mendribel dengan mengelilingi rumah untuk membiasakan menggiring bola.

Kalahkan Pemain Belakang Lawan

Buat jarak jika berhadapan dengan pemain lawan, jaga agar tidak terlalu dekat untuk bisa mengecoh lawan dengan menyelipkan bola di antara kakinya.

Usahakan untuk tidak melakukan gerakan terlalu jauh dari pemain bertahan lawan, karena lawan tidak mudah terkecoh dan masih bisa menghampiri.

Lakukan Ronaldo Chop atau step over, setelah berlatih cukup lama lakukan gerakan ini dengan kecepatan yang tinggi.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pelatih Prawira Harum Bandung, David Singleton bangga dengan keberhasilan timnya melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Keberhasilan tersebut jadi momen indah buat semua orang.

timespedia | 01:40 WIB

Prawira Harum Bandung berhasil melaju ke putaran kedua kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Mereka mengikuti jejak tim bola basket senegaranya, Pelita Jaya.

timespedia | 01:26 WIB

Prawira Harum Bandung akan menjalani laga hidup dan mati saat berjumpa Ulaanbaatar XAC Broncos pada laga play off putaran pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (7/4).

timespedia | 00:30 WIB

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB
Tampilkan lebih banyak