Timespedia

Cara Menggiring Bola Seperti Cristiano Ronaldo, Perhatikan 4 Hal Ini

Beginilah cara menggiring bola seperti Cristiano Ronaldo

Irwan Febri Rialdi

Aksi Cristiano Ronaldo saat Manchester United dikalahkan Everton 0-1. (AFP)
Aksi Cristiano Ronaldo saat Manchester United dikalahkan Everton 0-1. (AFP)

Bolatimes.com - Meski usianya sudah tak lagi muda, Cristiano Ronaldo masih menjadi role model pesepak bola muda dengan salah satu ciri khas dan gayanya menggiring bola.

Cristiano Ronaldo masih menjadi salah satu pesepak bola terbaik di dunia selain Lionel Messi, meski usianya yang sudah tak lagi muda.

Tak dipungkiri banyak pemain muda yang menjadikan kedua pemain ini sebagai role model bermain saat berada di atas lapangan pertandingan.

Salah satu yang menarik diperhatikan, baik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masing-masing memiliki cara menggiring bola yang berbeda.

La Pulga lebih mengedepankan menguasai bola dengan umpan satu-dua bersama rekan setim dan menunggu momen untuk melakukan solo-run kemudian mencetak gol.

Sementara Ronaldo lebih kepada mengandalkan kecepatan, memanfaatkan momen sekecil apa pun untuk menjadikannya sebagai gol.

Sederet metode sederhana bisa diterapkan dalam latihan untuk bisa meniru cara menggiring bola layaknya Cristiano Ronaldo, berikut di antaranya.

Tingkatkan Kecepatan

Meningkatkan kecepatan untuk bisa menyamai bagaimana Ronaldo bisa menggiring bola dalam posisi mengandalkan kecepatan.

Lakukan sprint setiap hari, bisa dimulai dengan joging lebih dulu sebelum memulai latihan sprint, selain itu bisa memanfaatkan tangga dan corong.

Pelajari teknik flicks feint dan step over, setelahnya melakukan dribel menggunakan kerucut atau corong dengan kecepatan kuat.

Pelajari Gerakan Khusus

Lakukan step over atau gunting, bisa dengan mengayunkan kaki di sekeliling bola dan melakukan tipuan vadan saat yang sama untuk mengecoh lawan.

Pahami Ronaldo Chop, dengan melompat menggunakan satu kaki dan pakai bagian dalam kaki bergerak ke arah sebaliknya secara bersamaan.

Lakukan umpan bola ke kotak penalti, memakai kecepatan dan trik untuk mengalahkan serta mengumpan bola ke kotak penalti.

Tingkatkan Kontrol

Melakukan peningkatan kontrol secara ketat, bisa dilakukan dengan tidak menendang bola lebih dari lima meter karena mudah ditekel lawan.

Menjaga bola untuk tetap lengket di kaki dan bisa berlatih mendribel dengan mengelilingi rumah untuk membiasakan menggiring bola.

Kalahkan Pemain Belakang Lawan

Buat jarak jika berhadapan dengan pemain lawan, jaga agar tidak terlalu dekat untuk bisa mengecoh lawan dengan menyelipkan bola di antara kakinya.

Usahakan untuk tidak melakukan gerakan terlalu jauh dari pemain bertahan lawan, karena lawan tidak mudah terkecoh dan masih bisa menghampiri.

Lakukan Ronaldo Chop atau step over, setelah berlatih cukup lama lakukan gerakan ini dengan kecepatan yang tinggi.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini