Timespedia

Sejarah Futsal dan Perbedaan dengan Sepak Bola

Berikut sejarah lahirnya futsal hingga perbedaan dengan sepak bola.

Rauhanda Riyantama

Timnas Futsal Indonesia juara MNC International Futsal Cup 2022 usai kalahkan wakil Thailand, Thammasat Stallion. (Twitter)
Timnas Futsal Indonesia juara MNC International Futsal Cup 2022 usai kalahkan wakil Thailand, Thammasat Stallion. (Twitter)

Bolatimes.com - Futsal menjadi olahraga yang banyak digandrungi banyak masyarakat Indonesia, setelah sepak bola khususnya dan termasuk dalam jenis olahraga terpopuler.

Futsal berasal dari Uruguay, pertama kali dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di tahun 1930 di Kota Montevideo.

Juan Carlos Ceriani bukanlah sosok asli Uruguay, dia merupakan pelatih sepak bola yang berasal dari Argentina.

Seiring promosinya memperkenalkan futsal, permainan ini mendapat perhatian di wilayah Amerika Selatan, terutama di Brasil.

Hingga pada akhirnya, Brasil menjelma sebaga pusat dari olahraga ini karena banyak pemain futsal terkenal yang lahir satu demi satu.

Manuel Tobias salah satunya, pemain terbaik Brasil yang membuat negaranya membuat FIFA tertarik dengan futsal sampai ditarik menjadi bagian resmi di tahun 1989.

Turnamen futsal pertama kali digelar pada tahun 1965, namun bukan Brasil, Uruguay atau Argentina yang keluar sebagai juara, justru Paraguay.

Setelahnya di tahun 1974 digelar pertemuan perwakilan futsal dari berbagai negara untuk kemudian membentuk FIFUSA yang menjadi organisasi resmi futsal.

Kejuaraan FIFUSA petama kali digelar selama tiga tahun sekali mulai tahun 1989 dan untuk Piala Dunia Futsal selama 4 tahun sekali.

Hingga kini Brasil menjadi negara yang paling banyak mengoleksi gelar juara, lantas apa bedanya dengan sepak bola? berikut ini perbedaan futsal dengan sepak bola.

Arena

Lapangan futsal cenderung lebih kecil, bisa berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan, tergantung kesepakatan.

Waktu Bermain

Sepak bola berjalan selama 90 menit dalam dua babak dengan setiap babak 45 menit permainan, disertai durasi istirahat di jeda babak selama 15 menit.

Sementara futsal hanya sekitar 20 menit untuk satu babak dan digelar sebanyak dua babak, jadi secara keseluruhan menit bermain hanya 40 menit.

Offside

Berbeda dengan sepak bola, futsal tidak mengenal offside sehingga jika ada pemain yang menunggu di depan gawang lawan tidak akan dianggap sebagai pelanggaran.

Pergantian Pemain

Futsal tidak memiliki batas pergantian pemain, karena hanya dimainkan sebanyak lima pemain di satu tim berbeda dengan sepak bola dalam satu tim harus memiliki 11 pemain.

Sepak bola memiliki aturan tersendiri dalam penerapan pergantian pemain, tergantung acara dan kompetisi yang digelar meskipun pada umumnya hanya ada 3 pergantian pemain.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini