Timespedia

Mengenal Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Aturan Permainannya

Yuk simak penjelasan terkait ukuran lapangan sepak bola hingga aturan permaiannya.

Rauhanda Riyantama

Kieran Trippier/Instagram
Kieran Trippier/Instagram

Bolatimes.com - Sepak bola adalah olahraga dengan penuh aturan, dibuat secara teliti demi menciptakan rasa keadilan bagi para pemain dan pihak bersangkutan, termasuk ukuran lapangan.

Ukuran lapangan sepak bola harus sesuai dengan ketentuan yang diperlukan dalam pertandingan, tidak buat secara asal dan begitu saja.

Lapangan sepak bola menjadi elemen terpenting, jika tidak ada maka pertandingan sepak bola secara resmi tidak mungkin bisa digelar.

Selain adanya bola tentunya, ukuran lapangan sepakbola bisa jadi berbeda jika berdasar pada peraturan FIFA dan PSSI untuk sepak bola Indonesia.

Peraturan FIFA akan berlaku skala internasional, sementara aturan PSSI dipakai dalam skala nasional saja tidak untuk seluruh dunia.

Lantas berapa ukuran lapangan sepak bola menurut PSSI dan FIFA, baik secara internasional maupun nasional dalam penerapannya.

Ukuran Lapangan Versi PSSI

Panjang: 90-120 m
Lebar: 45-90 m
Lingkar Tengah Radius: 9,15 m
Kotak Penalti: 18,3 x 5,5 m
Kotak Kiper: 40,3 x 16,5 m

Ukuran Lapangan Versi FIFA

Panjang: 100-110 m
Lebar: 64-75 m
Lingkar Tengah Radius: 9,15 m
Kotak Penalti: 40,3 x 16,5 m

Berikut aturan permainan sepak bola yang wajib untuk diketahui bagi masyarakat awam dan khususnya pesepak bola serta isinya.

Bola resmi menggunakan ukuran untuk dewasa keliling bola tidak melebihi 70 cm dan tidak boleh kurang dari 68 cm, untuk anak ukuran bola 64-68 cm.

Permainan sepak bola dimainkan dua tim dan masing-masing terdiri dari 11 pemain yang berada di lapangan pertandingan.

Pemain tidak diperkenankan menggunakan aksesori saat bertanding, termasuk anting, gelang dan kalung.

Dalam pertandingan sepak bola akan dipimimpin oleh seorang wasit dan dua asisten wasit, dalam hal ini adalah hakim garis.

Pertandingan terdiri dari dua babak, dengan durasi atau waktu permainan selama 45 menit dan jeda babak tidak melebihi 15 menit.

Kick-off merupakan istilah yang digunakan untuk memulai pertandingan, babak pertama, babak kedua, perpanjangan waktu dan babak tambahan.

Gol adalah kondisi saat bola masuk ke gawang dan dinyatakan secara sah, tidak ada offside, pelanggaran dan handball dalam proses terjadinya.

Dua jenis pelanggaran, untuk kartu kuning dan kartu merah, kartu kuning untuk peringatan keras dan kartu merah adalah hukuman meninggalkan lapangan.

Saat terjadi pelanggaran, wasit memberi tangan bebas dilakukan pada titik terjadinya pelanggaran.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini