Shin Tae-yong: Pengalaman Masih Dibutuhkan oleh Pemain Kita

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menilai para pemainnya masih butuh pengalaman bertanding untuk bisa tampil di turnamen papan atas, seperti Piala Asia.

Pipin Lukmanul Hakim | BolaTimes.com
Senin, 29 Januari 2024 | 07:54 WIB
Skuad timnas Indonesia bersiap menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia, pada Minggu, (28/1/2024) yang berakhir dengan skor 0-4, skuad asuhan Shin Tae-yong kalah. (PSSI).

Skuad timnas Indonesia bersiap menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia, pada Minggu, (28/1/2024) yang berakhir dengan skor 0-4, skuad asuhan Shin Tae-yong kalah. (PSSI).

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menilai para pemainnya masih butuh pengalaman bertanding untuk bisa tampil di turnamen papan atas, seperti Piala Asia.

Menurutnya, kekalahan skuad Garuda 0-4 dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar, lebih dikarenakan faktor pengalaman bertanding.

"Kami tidak kalah dalam konteks performa, mereka bermain bagus, dan menjalankan instruksi saya dengan baik," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga: Usai Indonesia Dibantai Australia di Piala Asia, Shin Tae-yong Ucap Terima Kasih ke PSSI, Pamit?

"Tapi, memang unsur pengalaman yang masih dibutuhkan oleh pemain kita," sambungnya dalam konferensi pers usai laga.

Pada pertandingan itu, tim besutan Shin Tae-yong sempat bermain agresif, dan memberikan tekanan pada babak pertama.

Sayangnya, peluang-peluang yang didapatkan tak bisa dieksekusi oleh pemain Indonesia dengan mulus agar menjadi gol.

Baca Juga: Pertaruhan Marc Klok dan dan Edo Febriansyah yang Disia-siakan Shin Tae-yong, Bojan Hodak Tak Jamin Main di Persib

Shin Tae-yong mengaku mendapat banyak pelajaran dari pertemuan timnya dengan Australia kali ini.

Juru taktik asal Korea Selatan itu optimistis timnas Indonesia akan memiliki level yang berbeda jika kembali bertanding dengan tim asuhan Graham Arnold tersebut.

"Kami kalah karena level pengalaman dan konsentrasi. Kami mengakhiri pertandingan dengan tidak bagus, pemain dan pelatih Australia jelas punya pengalaman yang lebih banyak," kata Shin.

Baca Juga: Dua Gol Bunuh Diri Bisa Rusak Mimpi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

"Mungkin lain kali kami akan kembali bertemu mereka dengan kekuatan yang berbeda," tambahnya.

Shin Tae-yong melihat gol bunuh diri yang dilakukan Elkan Baggot pada menit ke-12 memengaruhi mental juah pemain timnas.

Shin begitu menyayangkan kejadian itu, karena menjadi gol pertama bagi Australia, dan langsung berdampak pada kualitas permainan.

Baca Juga: Starting Line Up Timnas Indonesia vs Australia: Shayne Pattynama Akhirnya Turun Gunung

"Ada unsur unlucky gol dari pemain kami. Mungkin jika itu tidak terjadi, maka permainan kami akan berbeda," kata Shin.

"Tapi saya berterima kasih pada pemain saya, lega dengan penampilan mereka. Saya harap tim akan lebih baik di kesempatan selanjutnya," sambungnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak