Profil Hakeme Yazid Said, Wonderkid Brunei Darussalam yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

Hakeme Yazid Said jadi salah satu pemain berbakar milik Brunei yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 28 Juli 2023 | 16:30 WIB
Wonderkid Timnas Singapura, Hakeme Yazid Said. (Instagram/_hakemesaid)

Wonderkid Timnas Singapura, Hakeme Yazid Said. (Instagram/_hakemesaid)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Hakeme Yazid Said, wonderkid milik Brunei Darussalam yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia jelang pertemuannya di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan bersua dengan Brunei Darussalam di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kepastian kedua tim bertemu didapat setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melakukan Drawing pada Kamis (27/7) kemarin.

Baca Juga: Momen Bojan Hodak Sebut Gaji Pemain Liga Malaysia Lebih Tinggi daripada Liga Indonesia

Laga melawan Brunei Darussalam sendiri akan digelar dengan format dua leg, Home dan Away, di mana dua pertandingan itu akan digelar pada tanggal 12 Oktober dan 17 Oktober 2023.

Kemenangan atas Brunei Darussalam pun menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia agar bisa melaju ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di atas kertas, Timnas Indonesia diyakini bisa menang mudah atas Brunei. Apalagi di pertemuan terakhir, tim Merah Putih bisa menang 7-0 atas tetangganya tersebut.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Indonesia, Vietnam bakal Hadapi Tim Langganan Piala Dunia di FIFA Matchday September

Tapi jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia harus mewaspadai Brunei Darussalam yang memiliki wonderkid pada diri Hakeme Yazid Said.

Lantas, siapakah sosok Hakeme Yazid Said tersebut? Bagaimana sepak terjang dari wonderkid milik Brunei Darussalam itu?

Sepak Terjang Hakeme Yazid Said

Baca Juga: Momen Pelatih Vietnam Saksikan Drawing Bakal Satu Grup dengan Timnas Indonesia, Ekspresinya Disorot

Hakeme Yazid Said merupakan pesepak bola asal Brunei Darussalam yang berposisi sebagai penyerang. Ia lahir pada 8 Februari 2003 di Bandar Seri Begawan.

Kiprahnya di dunia sepak bola bermula sejak usia muda. Ia mengikuti jejak saudara-saudaranya yang terjun ke lapangan hijau.

Hakeme, sapaannya, bermain sejak usai 13 tahun bagi Tabuan A atau tim muda Brunei Darussalam yang dinaungi oleh Federasi Sepak Bola negara tersebut.

Baca Juga: Merasa Diuntungkan, Kim Pan-gon Optimis Bawa Malaysia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pada 2019, Hakeme kemudian meneken kontrak untuk tim papan atas Brunei Darussalam, yakni DPMM di tengah musim Brunei Premier League 2018/2019.

Siapa sangka, usai bergabung DPMM, Hakeme mampu menunjukkan tajinya dengan mencetak gol bagi timnya saat melawan Rimba Star FC.

Setelahnya, Hakeme mampu mencetak dua Hattrick secara beruntun di Liga Brunei ke gawang Panchor Murai dan juga ajang Brunei FA Cup ke gawang Rainbow FC.

Sadar akan kapasitasnya yang mumpuni, pelatih DPMM, yakni Adrian Pennock, kemudian memasukkannya ke tim utama yang bermain di Liga Singapura pada 2019.

Tak disangka, Hakeme mampu mencetak gol di laga debutnya di pekan ke-21 kala melawan Geylang dan membawa timnya menang 3-0.

Kemudian di musim 2023, DPMM kembali mengandalkan Hakeme yang baru berusia 20 tahun untuk bermain di Liga Singapura 2023.

Dalam 17 pertandingan yang telah dilewati musim ini, Hakeme mampu mencetak 10 gol dan 4 assist bagi DPMM di Liga Singapura 2023.

Penampilan apiknya di level muda membuat Hakeme masuk ke Timnas Brunei Darussalam. Ia pertama kali membela negaranya di Piala AFF U-15 2017.

Dalam waktu singkat, Hakeme bisa naik kelas ke tim U-16, U-18, U-19 dari tahun 2018 hingga 2022, termasuk saat tampil di Piala AFF U-19 2022 melawan Timnas Indonesia.

Pada Maret 2022 lalu, Hakeme pun lantas masuk ke tim senior Brunei Darussalam dan melakukan debutnya di laga kontra Laos.

Tak disangka dalam debutnya ini, Hakeme mampu mencetak gol pertamanya bagi tim senior Brunei Darussalam lewat tendangan bebasnya.

Sejak debutnya pada 2022 lalu itu, Hakeme tercatat telah bermain bagi Timnas Brunei Darussalam sebanyak 10 kali dan mencetak satu gol serta empat assist.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak