Profil Mutiara Ayu Puspitasari, Tunggal Putri Indonesia Pertama yang Juara di Kejuaraan Junior Asia 2023

Mutiara Ayu Puspitasari menjadi tunggal putri Indonesia pertama yang meraih juara di Kejuaraan Badminton Junior Asia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 17 Juli 2023 | 11:51 WIB
Pebulu tangkis Mutiara Ayu Puspitasari mengukir sejarah dengan menjadi tunggal putri Indonesia pertama yang menjuarai Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) sejak pertama kali digelar pada 1997, lewat kemenangan babak final BAJC 2023 di Yogyakarta, Minggu. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Pebulu tangkis Mutiara Ayu Puspitasari mengukir sejarah dengan menjadi tunggal putri Indonesia pertama yang menjuarai Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) sejak pertama kali digelar pada 1997, lewat kemenangan babak final BAJC 2023 di Yogyakarta, Minggu. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Bolatimes.com - Pebulu tangkis Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari, mengukir tinta emas dan sejarah baru karena sukses menjadi tunggal putri Indonesia pertama yang meraih juara di Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) 2023.

Keberhasilan itu diraih Mutiara Ayu Puspitasari setelah menumbangkan tunggal putri asal Korea Selatan, Kim Min-ji, pada partai final Kejuaraan Badminton Asia (BAJC) yang berlangsung di Yogyakarta.

Dalam pertandingan tersebut, Mutiara Ayu Puspitasari sukses menang dua gim langsung dengan skor 21-11 dan 21-17. Dia pun merasa sangat bangga bisa meraih pencapaian yang luar biasa tersebut.

Baca Juga: 3 Pemain Vietnam yang Bisa Diangkut Park Hang-seo jika Latih Persib Bandung, Ada 'Musuh' Marc Klok

"Senang rasanya bisa meraih kemenangan dua gim langsung dan juara di turnamen ini. Rasanya sangat luar biasa,” ungkap Mutiara melalui informasi tertulis PP PBSI di Jakarta, Minggu (16/7/2023).

“Hal ini di luar dugaan mengingat hasilnya seperti apa yang diharapkan. Dari turnamen ini saya jadi tahu jika mau dan berusaha saya yakin bisa," lanjutnya.

Hasil tersebut juga menambah torehan Mutiara, yang tahun lalu juga menjuarai turnamen Indonesia International Series 2023 di lokasi yang sama.

Baca Juga: Resmi! Susunan Komdis PSSI 2023-2024: Hasani Abdulgani Kembali ke Federasi

Profil Mutiara Ayu Puspitasari

Sebagai informasi, Mutiara Ayu Puspitasari merupakan atlet muda harapan Indonesia di masa depan yang cukup potensial. Dia tercatat lahir di Ngawi, Jawa Timur, pada 17 Mei 2006. Artinya, usianya baru menginjak 17 tahun.

Mutiara merupakan pemain bulu tangkis yang berlatih di bawah naungan klub PB Djarum. Dia sukses menembus bagian dari Pelatnas PBSI sejak tahun 2022.

Baca Juga: Berkat Asnawi Mangkualam, Fans 3 Klub Besar Indonesia Ini Rukun dan Kumpul Jadi Satu

Sebelumnya, Mutiara sempat bermain bersama tim Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Junior BWF pada 2022. Saat itu, dia ikut membantu Indonesia meraih peringkat ketiga dalam nomor beregu campuran.

Sementara itu, di ajang Kejuaraan Badminton Asia Junior 2023 ini, dia ikut membantu Indonesia meraih peringkat kedua dalam nomor beregu campuran. Gelar juara di nomor tunggal putri ini jelas menjadi obat kekecewaan bagi Mutiara.

Keberhasilannya meraih gelar juara di turnamen internasional sebetulnya sudah dimulai sejak tahun 2021. Awalnya, Mutiara sukses menjuarai Slovenia International.

Baca Juga: Bersinar di Belgia, Scout Talent Anggap Marselino Ferdinan Masih di Bawah Pemain Lokal Liga Malaysia

Dia berhasil menumbangkan wakil asal Hungaria, Agnes Korosi, di partai final dengan skor 21-14, 19-21, 21-16. Setahun kemudian, ia kembali meraih kesuksesan di level internasional.

Kali ini Mutiara menjuarainya di kandangnya sendiri, tepatnya saat memenangi Indonesia International Series 2022 seusai mengalahkan rekannya sendiri, Stephanie Widjaja, dengan skor 15-21, 21-10, 22-20.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB
Tampilkan lebih banyak