Mengenang Momen Arema Indonesia Jadi Klub Terakhir yang Tampil di Liga Champions Asia

Arema Indonesia tampil di Liga Champions Asia 2011.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 13 Juni 2023 | 14:30 WIB
Arema Indonesia saat tampil di Liga Champions Asia 2011. (Twitter)

Arema Indonesia saat tampil di Liga Champions Asia 2011. (Twitter)

Bolatimes.com - Arema Indonesia menjadi klub Tanah Air terakhir yang mampu tampil di Liga Champions Asia. Akankah Bali United bisa mengikuti jejaknya dengan lolos pada tahun ini?

Bali United berpotensi menciptakan sejarah untuk kali pertama lolos ke Liga Champions Asia, usai memastikan satu tempat di babak kualifikasi.

Satu tempat di babak kualifikasi ini didapatkan pasca tim berjuluk Laskar Serdadu Tridatu itu mengalahkan PSM Makassar dalam babak Playoff.

Baca Juga: Sepak Terjang Persik Kediri dan PSM Makassar Lolos ke Liga Champions Asia Tanpa Kualifikasi

Bali United mampu mengalahkan PSM lewat drama adu penalti, usai bermain imbang dengan skor identik 1-1 dalam dua leg yang digelar.

Usai mengalahkan PSM, klub asal Pulau Dewata itu pun masih akan melakoni dua pertandingan lainnya untuk bisa menembus fase grup Liga Champions Asia.

Pertama-tama, Bali United diharuskan menang saat bertandang ke markas tim Hong Kong, Lee Man FC, sebelum nantinya bertandang ke Jepang untuk menghadapi Urawa Reds.

Baca Juga: Kini Dilatih Shin Tae-yong, Reaksi Kocak Rizky Ridho saat Disebut Kapten Timnas U-22 di SEA Games

Jika Bali United sekali saja kalah dari dua tim tersebut, maka tim besutan Stefano Cugurra Teco itu pun akan otomatis tampil di Piala AFC.

Karenanya, pecinta sepak bola Tanah Air berharap Bali United bisa membuat kejutan di dua pertandingan itu dan lolos ke Liga Champions Asia.

Pasalnya, sudah lama wakil Indonesia tak tampil di Liga Champions Asia, di mana klub terakhir yang tampil pada ajang itu adalah Arema Indonesia pada 2011 atau 12 tahun silam.

Baca Juga: Perbandingan Gaji Merselino Ferdinan Bersama KMSK Deinze dengan Persebaya Surabaya, Kabarnya Naik 2 Kali Lipat

Arema Indonesia Wakil Terakhir Tanah Air

Arema Indonesia menjadi wakil terakhir Tanah Air di Liga Champions Asia pada 2011 lalu, usai menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2010.

Saat itu, juara Liga Indonesia atau ISL memang otomatis lolos ke fase grup Liga Champions Asia, tanpa harus melewati babak kualifikasi terlebih dahulu, seiring koefisien Liga Indonesia yang terbaik di Asia Tenggara.

Baca Juga: Profil Gustavo Chena, Eks Pemain Asing Liga Indonesia yang Benarkan Lionel Messi Tak Datang ke Indonesia

Pada Liga Champions Asia 2011 itu, sejatinya Arema Indonesia bisa ditemani Sriwijaya FC selaku Runner Up. Akan tetapi, Laskar Wong Kito gagal ke fase grup usai kalah di babak kualifikasi.

Usai lolos ke fase grup, Arema Indonesia tergabung di grup G bersama raksasa-raksasa Asia seperti Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan), Cerezo Osaka (Jepang), dan Shandong Luneng (China).

Dari enam pertandingan yang dilakoni di babak grup, Arema Indonesia saat itu harus puas menjadi juru kunci, usai hanya meraih satu hasil imbang dan menelan lima kekalahan.

Bahkan sepanjang fase grup itu, Arema Indonesia hanya mampu mencetak dua gol dan kebobolan 22 gol, di mana dua gol itu dibuat dua penggawanya, Noh Alam Shah dan Muhammad Fakhruddin.

Dengan fakta bahwa terakhir kali wakil Indonesia lolos Liga Champions Asia pada 2011, kini Bali United pun mengemban tugas berat agar bisa kembali ke kompetisi tersebut.

Keberhasilan Bali United lolos ke Liga Champions Asia itu semata-mata untuk mengangkat derajat sepak bola Indonesia agar bisa mengirim wakilnya lolos langsung ke kompetisi itu tanpa jalur kualifikasi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak