Sepak Terjang Persik Kediri dan PSM Makassar Lolos ke Liga Champions Asia Tanpa Kualifikasi

Persik Kediri dan PSM Makassar tercatat langsung lolos fase grup Liga Champions Asia pada 2004.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 13 Juni 2023 | 14:00 WIB
Persik Kediri saat melawan Urawa Reds di Liga Champions Asia 2004. (Twitter/@indo_jleague)

Persik Kediri saat melawan Urawa Reds di Liga Champions Asia 2004. (Twitter/@indo_jleague)

Bolatimes.com - Mengenang momen Persik Kediri dan PSM Makassar berhasil lolos langsung ke Liga Champions Asia tanpa harus terlebih dahulu melewati babak kualifikasi. Kok bisa?

Sebagaimana diketahui, Bali United akan menjadi tumpuan sepak bola Indonesia untuk bisa kembali berlaga di Liga Champions Asia.

Tim berjuluk Laskar Serdadu Tridatu itu berpotensi tampil di Liga Champions Asia usai mengalahkan PSM Makassar dalam babak Playoff Kualifikasi.

Baca Juga: Perbandingan Gaji Merselino Ferdinan Bersama KMSK Deinze dengan Persebaya Surabaya, Kabarnya Naik 2 Kali Lipat

Dalam pertandingan berformat dua leg itu, kedua tim bermain imbang dengan skor identik 1-1 dalam dua pertandingan yang digelar.

Kemudian laga pun berlanjut ke drama adu penalti, di mana Bali United keluar sebagai pemenang dan berhak mendapat tiket untuk menembus Liga Champions Asia.

Namun untuk tampil di Liga Champions Asia, Bali United masih harus melalui jalan terjal, karena masih akan bertarung melawan dua tim di babak kualifikasi, sebelum lolos ke fase grup.

Baca Juga: Profil Gustavo Chena, Eks Pemain Asing Liga Indonesia yang Benarkan Lionel Messi Tak Datang ke Indonesia

Dua lawan yang menanti Bali United itu adalah Lee Man FC (Hong Kong) dan Urawa Reds (Jepang). Nantinya tim besutan Stefano Cugurra Teco itu harus bermain tandang dengan format satu leg.

Jika menang atas Lee Man FC, Bali United akan menghadapi Urawa Reds selaku juara bertahan Liga Champions Asia, sebelum bisa masuk ke babak grup ajang tersebut.

Jalan terjal yang dilewati Bali United ini tak lepas dari fakta rendahnya ranking Liga Indonesia, sehingga harus melewati babak kualifikasi.

Baca Juga: Seperti Dukun, Tim yang Disebut Ratu Tisha Kini Kenyataan Jadi Lawan Timnas Indonesia, Jepang hingga Argentina

Tapi, Indonesia ternyata pernah mengirim wakilnya ke Liga Champions Asia tanpa perlu kualifikasi, yakni kala Persik Kediri dan PSM Makassar, pada era 2000 an.

Lolos Langsung ke Fase Grup

Dibandingkan era sekarang, Liga Indonesia di era 90 dan 2000an sempat menjadi liga terbaik di Asia Tenggara dan salah satu kompetisi terbaik di Asia.

Baca Juga: 6 Penyerang Timnas Indonesia untuk Laga Lawan Palestina dan Argentina, Optimis Cetak Banyak Gol

Karenanya, ranking Liga Indonesia saat masih bernama Divisi Utama hingga Indonesia Super League (ISL) berada di papan atas, sehingga mendapat jatah lolos ke Liga Champions Asia secara langsung.

Saat Indonesia mendapat slot di Liga Champions Asia secara langsung, ada dua tim yang merasakan tampil di ajang tersebut dengan status juara dan Runner Up Liga Indonesia atau Divisi Utama.

Kedua tim itu adalah Persik Kediri selaku juara Divisi Utama pada tahun 2004 dan PSM Makassar yang berstatus Runner Up.

Keduanya lolos langsung ke fase grup Liga Champions Asia. Persik saat itu bergabung grup G bersama Seongnam Ilhwa Chunma (Korea Selatan), Yokohama F Marinos (Jepang), dan Binh Dinh (Vietnam).

Sedangkan PSM Makassar tergabung di grup F bersama Dalian Shide (China), Hoang Anh Gia Lai (Vietnam), dan Krung Thai Bank (Thailand).

Nahasnya, penampilan keduanya di Liga Champions Asia 2004 tak berakhir indah, setelah Persik dan PSM gagal melaju ke babak selanjutnya.

Saat itu, Persik hanya finis di peringkat ketiga grup dengan raihan empat poin berkat satu kemenangan, satu hasil imbang, dan empat kekalahan.

Sedangkan PSM finis sebagai juru kunci meski mampu meraih dua kemenangan dan menelan empat kekalahan dengan koleksi enam poin.

Kini, klub-klub Indonesia pun harus bersaing melalui babak kualifikasi demi bisa merasakan atmosfer Liga Champions Asia, seiring anjloknya ranking Liga Indonesia di Asia.

Sebagai informasi, saat ini Liga Indonesia ada di peringkat ke-26 Asia, dan berada di peringkat keenam untuk kawasan Asia Tenggara.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak