Daftar Pelatih Top Dunia yang Dipastikan Berkiprah di Liga Indonesia Musim 2023/2023

Total sudah ada enam pelatih top dunia yang akan berkiprah di Liga Indonesia musim 2023/2024, siapa saja?

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 31 Mei 2023 | 14:00 WIB
Walter Zenga. [Sampdoria.it]

Walter Zenga. [Sampdoria.it]

Bolatimes.com - Liga Indonesia musim 2023-2024 diwarnai para pelatih top dunia. Sederet klub ternama Tanah Air melakukan gebrakan besar lewat nama-nama mentereng tersebut.

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air mulai menunjukkan wajah asli, finansial yang mumpuni dimanfaatkan dengan cukup berani.

Memasuki musim 2023-2024, sederet klub Liga Indonesia memiliki juru taktik kenamaan dunia yang kebanyakan berasal dari Eropa.

Baca Juga: Rival Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Tantang Juara Piala Dunia, Tak Mau Kalah Nih

Pengalaman yang dimiliki dinilai mampu memberi dampak positif terhadap dunia sepak bola Indonesia untuk lebih maju lagi.

Lantas siapa saja tokoh yang dimaksud? berikut deretan pelatih top dunia yang saat ini menukangi kontestan Liga 1 2023.

1. Walter Zenga - Persita Tangerang

Baca Juga: Batal Lawan Yemen, Malaysia Kena Ejek Netizen karena Hadapi Tim yang Punya Ranking FIFA Jauh di Bawah Timnas Indonesia

Namanya sudah dikenal seantero Eropa, pernah menukangi beberapa klub besar Liga Italia dan Liga Inggris dan kini merapat ke Persita Tangerang.

Mantan kiper legendaris Inter Milan, Walter Zenga sebenarnya tak ditunjuk sebagai pelatih baru klub berjuluk Laskar Pendekar Cisadane.

Eks pelatih Wolves ini menjabat sebagai direktur teknik (dirtek) untuk Persita Tangerang mulai musim 2023 ini.

Baca Juga: Kocak, Marselino Ferdinan Ternyata Cuma Masuk Dua Kali selama Tiga Tahun SMA

2. Thomas Doll - Persija Jakarta

Satu musim sudah dilalui eks pelatih Borussia Dortmund, Thomas Doll bersama Persija Jakarta di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Sempat digadang-gadang sebagai calon juara, Persija bersama Thomas Doll akhirnya mengakhiri musim Liga 1 2022 sebagai runner-up kompetisi.

Baca Juga: Dekat dengan Erick Thohir, 2 Pelatih Kelas Dunia yang Bisa Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Di bawah asuhannya, para pemain muda Macan Kemayoran sukses dipercaya pelatih Timnas Indonesia masuk ke skuad nasional.

3. Jan Olde - Dewa United

Sosok yang membawa Galatasaray ke puncak tertinggi Liga Turki, Jan Olde Riekerink tentu punya kualitas di atas rata-rata.

Selain itu pelatih Dewa United ini juga pernah menjabat sebagai manajer di akademi Ajax Amsterdam serta asisten pelatih di FC Porto.

Meskipun musim pertamanya di Liga 1 2022 berakhir tak cukup memuaskan, Riekerink diharapkan mampu memberi kontribusi lebih.

4. Luis Milla - Persib Bandung

Siapa yang tak kenal Luis Milla? eks pelatih Timnas Indonesia yang secara mengejutkan berlabuh ke Persib Bandung.

Kualitas seorang Luis Milla dalam melatih tak bisa diragukan dan dipandang sebelah mata, ia pernah dipercaya menukangi Timnas Spanyol.

Di tahun 2016, Luis Milla juga sempat menangani Real Zaragoza di Liga Spanyol meski tak berlangsung lama.

Dari tangan dinginnya, lahir beberapa pemain muda berbakat Indonesia, salah satunya Febri Hariyadi.

5. Pieter Huistra - Borneo FC

Usai mendepak Andre Gaspar, Borneo FC kembali merekrut pelatih asing di awal musim Liga 1 2022-2023 lalu.

Huistra bukan pelatih sembarangan, ia pernah menjadi pelatih interim Timnas Indonesia pada 2015 dengan karier mentereng.

Yakni membawa klub asal Uzbekistan, Pakhtakor merengkuh gelar juara Liga Champions Asia beberapa tahun yang lalu.

6. Bernardo Tavares - PSM Makassar

Kesuksesan membawa PSM Makassar meraih gelar juara Liga 1 2022 adalah bukti dari kualitas seorang Bernardo Tavares.

Pelatih asal Portugal ini juga sukses menghasilkan para pemain muda berkualitas yang turut dipanggil ke Timnas Indonesia.

Memiliki latar belakang sebagai pelatih tim muda Benfica musim 2001-2002 adalah modal besar Tavares mengobrak-abrik sepak bola Indonesia.

Sosoknya juga berstatus sebagai asisten pelatih di Sporting Lisbon Academy, hal itu didapatnya pada musim 2008-2009.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak