3 Bek Timnas Indonesia yang Bisa Diandalkan untuk Meredam Lionel Messi

Deretan bek Timnas Indonesia yang bisa diandalkan untuk melawan Messi.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 26 Mei 2023 | 11:00 WIB
Aksi Pratama Arhan saat melakukan lemparan maut (Instagram/PSSI)

Aksi Pratama Arhan saat melakukan lemparan maut (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tentu membutuhkan pemain bertahan yang tangguh untuk meredam pergerakan Lionel Messi ketika berjumpa pada FIFA Matchday periode Juni 2023.

Pasalnya, Lionel Messi tetap berpeluang mengikuti rombongan Timnas Argentina yang menjalani tur di Asia pada FIFA Matchday mendatang, termasuk saat melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023.

Apabila merujuk pada posisi bermain Lionel Messi di Timnas Argentina yang menerapkan skema 4-3-3, maka pemain yang bakal paling sering berduel dengan La Pulga ialah yang berada di posisi bek kiri.

Baca Juga: Resmi Dinaturalisasi, Dua Pemain Keturunan Dipanggil ke Timnas Indonesia

Sebab, Messi sangat sering bermain sebagai winger kanan. Sederet kelebihannya tentu harus diantisipasi oleh para pemain skuad Garuda.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pemain bertahan Timnas Indonesia yang bisa diandalkan untuk mengawal pergerakan Lionel Messi di FIFA Matchday.

1. Pratama Arhan

Baca Juga: Resmi Jadi WNI, ADO Den Haag Umumkan Rafael Struick Dipanggil Timnas Indonesia Jelang FIFA Matchday

Sejauh ini, Pratama Arhan merupakan pemain yang paling sering mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk mengisi pos bek kiri Timnas Indonesia. Kepercayaan itu sudah didapatkannya sejak level U-19.

Bukan tidak mungkin, Shin Tae-yong bakal memberikan tugas khusus bagi pemain asal Tokyo Verdy ini untuk bisa menempel ketat pergerakan Lionel Messi yang bakal menimbulkan situasi berbahaya di sektor ini.

Salah satu keunggulan Pratama Arhan ialah kecepatan. Selain itu, dia juga dikenal sebagai pemain yang tangguh untuk bisa mempertahankan areanya dari serangan lawan.

Baca Juga: Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 Muncul, Indra Sjafri Langsung Menuju Masjid Nabawi untuk Berdoa

2. Shayne Pattynama

Setelah melewati berbagai proses panjang untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia, Shayne Pattynama tampaknya sudah bisa bermain bersama tim Merah Putih pada agenda FIFA Matchday yang akan datang.

Shayne Pattynama juga berpeluang besar menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di pos kiri Timnas Indonesia saat berjumpa Argentina. Posisi ini bakal membuat Shayne bertugas mengawal Lionel Messi.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Masuk Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23, Indra Sjafri Dibebani Tugas Berat

Pengalaman yang dimiliki pemain berusia 24 tahun ini di Eropa tentu bakal sangat berharga untuk bisa meredam pergerakan licin Lionel Messi yang kerap merepotkan barisan pertahanan lawan.

3. Edo Febriansyah

Selain Pratama Arhan, pemain lokal kedua yang kerap mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia, khususnya di pos bek kiri, ialah Edo Febriansyah.

Pemain yang baru saja bergabung dengan Persib Bandung ini juga telah resmi mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia untuk bertanding pada agenda FIFA Matchday periode Juni 2023 itu.

Edo bisa menjadi opsi berikutnya bagi Shin Tae-yong untuk memberikan pengawalan ketat bagi Lionel Messi. Sang pemain pun juga sudah mengutarakan kesiapannya untuk menghadapi Messi apabila mendapatkan kepercayaan dari pelatih.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak