Kisah Menarik Emiliano Martinez saat Pertama Kali Main di SUGBK

Emiliano Martinez ternyata pernah bertanding di SUGBK saat masih berseragam Arsenal

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 25 Mei 2023 | 20:00 WIB
Emiliano Martinez melakukan selebrasi setelah Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022. (Instagram/@emi_martinez26)

Emiliano Martinez melakukan selebrasi setelah Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022. (Instagram/@emi_martinez26)

Bolatimes.com - Mengenang momen Emiliano Martinez pertama kali bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang duel Timnas Indonesia vs Argentina.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan kedatangan lawan tangguh yang berstatus juara Piala Dunia 2022, yakni Argentina.

Tim berjuluk La Albiceleste itu akan jadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni 2023, selain melawan Palestina.

Baca Juga: Indra Sjafri Salat di Masjid Nabawi usai Timnas Indonesia U-23 Terhindar dari Grup Berat Kualifikasi Piala Asia

Adapun pertandingan antara skuad Garuda dan Argentina sendiri akan tersaji di Tanah Air, tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 19 Juni 2023.

Bagi mayoritas para pemain Argentina, tentu bertanding melawan Timnas Indonesia di SUGBK menjadi pengalaman baru dalam kariernya.

Tapi pengalaman bertanding di SUGBK bukanlah barang baru bagi salah satu penggawa Argentina, yakni sang kiper Emiliano Martinez.

Baca Juga: Hati-hati Indonesia, Lionel Messi Pernah Tolak Main di Malaysia Gara-gara Kondisi Lapangan Jelek

Kiper yang jadi pahlawan Argentina di Piala Dunia 2022 lalu itu ternyata pernah merumput di SUGBK beberapa tahun silam, tepatnya pada tahun 2013 lalu.

Lantas, dalam rangka apa Emiliano Martinez bisa bertanding di SUGBK pada 2013 lalu?

Jalani Tur Pramusim

Baca Juga: Gugur di Babak Kedua Malaysia Masters 2023, Kevin/Marcus Akui Lawan Lebih Kuat

Emiliano Martinez pertama kali bisa merasakan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat menjalani tur pramusim bersama klubnya, Arsenal, pada Juli 2013.

Saat itu, Arsenal masih diasuh oleh Arsene Wenger. Pelatih asal Prancis itu membawa sebagian besar pemain terbaiknya, termasuk Emiliano Martinez yang baru berusia 20 tahun.

Dalam laga tersebut, Emiliano Martinez dan Arsenal bertanding melawan Indonesia Dream Team yang berisikan para pemain terbaik di Liga Super Indonesia atau ISL.

Baca Juga: Ngeri! FIFA Bikin Head to Head Jelang Duel Timnas Indonesia vs Argentina, Pratama Arhan Disandingkan Lionel Messi

Dalam pertandingan tersebut, Arsene Wenger pertama kali menurunkan Lukasz Fabianski untuk mengawal gawang Arsenal.

Emiliano Martinez kemudian baru merasakan rumput SUGBK di babak kedua, saat masuk menggantikan Fabianski di menit ke-68.

Meski masih terbilang muda, Emiliano Martinez mampu menjaga gawangnya tetap perawan hingga laga usai, di mana Arsenal mampu menang 7-0 atas Indonesia Dream Team.

Adapun tujuh gol tim berjuluk The Gunners itu dicetak oleh dua gol Olivier Giroud dan satu gol yang dicetak Theo Walcott, Chuba Akpom, Lukas Podolski, Kris Olson dan Thomas Eisfeld.

Sebagai informasi, Emiliano Martinez memang menjalani karier mudanya di Arsenal, usai diboyong dari Independiente pada 2010 saat usianya baru 17 tahun.

Kiper yang kini membela Aston Villa itu bertahan di Arsenal selama 10 tahun, setelah hanya menjadi pelapis dan kerap dipinjamkan ke berbagai klub.

Kariernya melonjak kala dirinya dipasang oleh Mikel Arteta sebagai kiper utama pada 2020 lalu, usai kiper utama Arsenal, Bernd Leno, mengalami cedera.

Setelah namanya melonjak, Emiliano Martinez memutuskan hengkang pada September 2020 demi mencari menit bermain dan kemudian bergabung Aston Villa.

Sejak menjadi pilihan utama Aston Villa, Emiliano Martinez kemudian menjadi penjaga gawang utama Argentina, sehingga bisa menjuarai Copa America 2021 berkat kemampuannya menepis penalti.

Kemampuan ini pun ia tunjukkan kembali di pentas Piala Dunia 2022, saat memastikan Argentina menjadi juara pasca mengalahkan Prancis di drama adu penalti.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak