Sat-set, Exco PSSI Bongkar Proses Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick yang Cepat Rampung

Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick yang sat-set.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Kamis, 25 Mei 2023 | 14:19 WIB
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Rafael Struick dan Ivar Jenner. (Instagram/@erickthohir)

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Rafael Struick dan Ivar Jenner. (Instagram/@erickthohir)

Bolatimes.com - Proses naturalisasi dua pemain keturunan kelahiran Belanda, Ivar Jenner dan Rafael Struick akhirnya rampung. Keduanya sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengklaim pihaknya bekerja sat-set untuk menyelesaikan naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Terhitung tidak ada satu pekan untuk merampungkan tahapan akhir alih kewarganegaraan dua pemain muda itu. Ivar Jenner dan Rafael Struick di sumpah WNI pada 22 Mei 2023 dan tiga hari berselang, mereka mendapatkan paspor Indonesia.

Baca Juga: Jelang Duel Timnas Indonesia vs Argentina, Media Inggris Sinis Singgung Tragedi Kanjuruhan

"Kerja SatSet...tanggal 19 selesai kompetisi, tanggal 20 terbang ke Indonesia, tanggal 22 disumpah sebagai WNI, tanggal 23 administrasi dukcapil selesai, tanggal 24 diperkenalkan oleh Ketum PSSI Erick Thohir ke publik, tanggal 25 passport beres," tulis @arya.m.sinulingga.

Ivar Jenner dan Rafael Struick memilih untuk melanjutkan proses naturalisasi setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Berbeda halnya dengan Justin Hubner yang mundur.

Proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Stuick sempat terjeda akibat pergantian kepemimpinan PSSI dari Mochamad Iriawan ke Erick Thohir. Namun, kemudian dilanjutkan setelah Lebaran.

Baca Juga: Mengenal Hendra Kurniawan, Pemain Timnas yang Jadi Blocker Terbaik di Kejuaraan Voli Asia 2023

Penggawa FC Utrecht II Ivar Jenner dan pemain ADO Denhaag Rafael Struick telah resmi menjadi WNI. Namun, keduanya belum bisa membela Timnas Indonesia karena belum pindah federasi.

"Ivar Jenner akan diurus perpindahan Federasi ke FIFA, Rafael cukup melaporkan ke FIFA bahwa Eligible masuk sebagai pemain Timnas Indonesia," imbuh Arya.

Andai proses pindah federasi rampung, mereka pun bisa memperkuat Timnas Indonesia. Terdekat, ada agenda FIFA Matchday pada Juni 2023.

Baca Juga: Timnas Indonesia Laris Manis, 4 Negara Kuat Disebut-sebut Sudah Antre untuk Jadi Lawan Tanding usai Argentina

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak