Profil I Made Wirawan, Kiper Persib Bandung yang Putuskan Pensiun

I Made Wirawan pensiun di usia 41 tahun bersama Persib Bandung.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 16 April 2023 | 18:39 WIB
Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan (Sumber: persib.co.id)

Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan (Sumber: persib.co.id)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok I Made Wirawan, kiper gaek Persib Bandung yang baru saja memutuskan pensiun dari dunia sepak bola.

Persib Bandung melakoni pekan terakhir Liga 1 2022-2023 dengan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (15/4).

Dalam duel itu, Persib harus menutup kampanyenya musim ini dengan kesedihan, usai dibekuk tim tamu dengan skor telak yakni 1-4.

Baca Juga: Belum Dilepas ke Timnas Indonesia U-22, Pratama Arhan Absen di Laga Terbaru Tokyo Verdy

Tim berjuluk Maung Bandung itu terlebih dulu tertinggal lewat gol Lucas Gama Moreira di menit ke-41, Lucky Oktavianto di menit ke-60, dan Silvio Junior di menit ke-62.

David da Silva pun kemudian mampu memperkecil Persib atas tim berjuluk Laskar Padjadjaran itu lewat sontekannya di menit ke-71.

Namun di sisa waktu yang ada, Persib makin tertinggal usai Persikabo 1973 mampu menambah golnya lewat Pedro Henrique di menit ke-83.

Baca Juga: Bagus Kahfi Pamer Momen Bareng Trio KMSK Deinze, Menyusul ke Liga Belgia?

Usai mendapat hasil yang menyedihkan itu, Persib harus kembali bersedih di akhir laga. Sebab, kiper gaeknya sekaligus legendanya, I Made Wirawan, memutuskan pensiun.

Kiper berusia 41 tahun ini memutuskan pensiun usai berkarier selama 21 tahun di dunia sepak bola dan mengakhiri kariernya di Persib yang telah ia bela sejak 2012.

Karena memutuskan pensiun, namanya pun kemudian dielu-elukan pendukung Persib. Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari I Made Wirawan.

Baca Juga: Thailand Pincang, Bek yang Pernah Bikin 3 Pemain Timnas Indonesia Dikartu Merah akan Absen di SEA Games 2023

Pahlawan Persib Bandung

I Made Wirawan merupakan kiper yang berasal dari Bali. Ia lahir pada 1 Desember 1981 atau 41 tahun silam di Gianyar, Pulau Dewata.

Pria yang akrab disapa Bli Made itu mengawali kiprahnya di tim lokal tanah kelahirannya, yakni Perseden Denpasar pada 2002.

Baca Juga: PSM Makassar Resmi Jadi Lawan Terakhir Timnas Indonesia di Laga Uji Coba

Ia tampil bagi tim berjuluk Laskar Catur Murka itu selama tiga musim. Setelahnya ia bergabung tim Bali lainnya, Persekaba Kabupaten Bali.

Di Persekaba, Made Wirawan bermain hingga tahun 2006. Ia pun kemudian memutuskan keluar dari Bali dan bergabung Persiba Balikpapan yang tampil di Indonesia Super League (ISL).

Di tim berjuluk Beruang Madu itu, Made Wirawan bertahan dalam rentang waktu yang lama dan jadi andalan dengan mengenyam 139 penampilan.

Kiprah apiknya itu kemudian membuat Persib Bandung yang dilatih Djadjang Nurdjaman merekrutnya pada 2012 dengan status bebas transfer.

Tanpa butuh waktu lama, kehadiran Made Wirawan memberikan dampak berupa gelar. Gelar pertama yang diberikannya adalah Piala Celebes II pada 2012.

Lalu Made Wirawan mampu membawa Persib menjuarai ISL 2014 dan mengakhiri puasa gelar timnya yang telah berlangsung selama dua dekade.

Made Wirawan yang jadi andalan, mampu menjadi pahlawan berkat kemampuannya menepis penalti, di mana ia mampu menggagalkan penalti Nelson Alom dari Persipura Jayapura dan memastikan gelar liga untuk Persib.

Tak sampai di situ saja, Made Wirawan kembali membawa Persib meraih gelar yakni Piala Presiden 2015 usai Maung Bandung mengalahkan Sriwijaya di partai final.

Kiprah apiknya di bawah mistar membuat Timnas Indonesia sempat mempercayainya sebagai penjaga gawang, di mana ia tercatat tampil sebanyak 8 pertandingan.

Kini, Made Wirawan menutup perjalanan heroiknya bersama Persib di Liga 1 2022-2023, sekaligus menutup karier indahnya sebagai pemain.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak