CEK FAKTA: Langsung Diputuskan! Erick Thohir Coret Indra Sjafri dan Digantikan Shin Tae-yong untuk SEA Games 2023

Erick Thohir dikabarkan menunjuk Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Cek faktanya

Sabtu, 15 April 2023 | 10:03 WIB
Cek fakta Shin Tae-yong ditunjuk tangani Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. (YouTube/Kilas Bola)

Cek fakta Shin Tae-yong ditunjuk tangani Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. (YouTube/Kilas Bola)

Bolatimes.com - Beredar kabar bahwa Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertindak tegas dengan mendepak Indra Sjafri dan menunjuk Shin Tae-yong untuk menangani  Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 pasca kekalahan atas Lebanon. Cek faktanya.

Kabar PSSI mencopot Indra Sjafri dari jabatan pelatih Timnas Indonesia U-22 diunggah oleh kanal YouTube Kilas Bola pada Jumat (14/4/2023) malam WIB.

Dalam video tersebut, mereka menulis judul "LANGSUNG DIPUTUSKAN! Erick Thohir Coret Indra Sjafri & DiGantikan STY Untuk Sea games 2023!".

Baca Juga: Sekjen PSSI Terciduk Tertawa saat Timnas Indonesia U-22 Dijebol Lebanon, Komentator: Luar Biasa

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah) saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (13/4/2023). [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah) saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (13/4/2023). [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]

Sementara thumbnail atau cover video Kilas Bola menampilkan foto Indra Sjafri dan jajarannya yang disandingkan dengan foto Erick Thohir serta satu foto dalam lingkaran yang memperlihatkan Ketua Umum PSSI memeluk Shin Tae-yong.

Dalam thumbnail video tersebut juga tertulis "TAK BECUS RACIK STRATEGI, PSSI LANGSUNG TUNJUK STY LATIH TIMNAS U-22".

Hingga artikel CEK FAKTA ini dibuat pada Sabtu (15/4/2023) pagi WIB, video unggahan Kilas Bola sudah ditonton lebih dari 19 ribu kali dan mendapatkan 309 komentar.

Baca Juga: Usai Nonton Timnas Indonesia U-22, Erick Thohir akan Temui Shin Tae-yong untuk Bahas Perpanjangan Kontrak

Duel Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (14/4/2023). [PSSI]
Duel Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (14/4/2023). [PSSI]

PENJELASAN

Video yang diunggah Kilas Bola dibuka dengan narasi kekalahan 1-2 Timnas Indonesia U-22 dari Lebanon. Skuad Garuda Muda sempat unggul lebih dulu sebelum kena comeback lawannya di menit-menit akhir pada laga uji coba, Jumat (14/4/2023).

"Timnas Indonesia U-22 tampil menjanjikan di awal laga. Langsung mengambil inisiasi serangan menjadi buktinya. Beberapa peluang dapat diciptakan tim asuhan Indra Sjafri," demikian narasi yang disampaikan Kilas Bola dalam video unggahannya.

Baca Juga: Lagi Kesulitan Adaptasi Cuaca dan Jetleg, Lebanon Tetap Mampu Bungkam Timnas Indonesia U-22

Lalu, mereka menyebut kekalahan dari Lebanon kian memperburuk citra Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22 setelah dalam laga uji coba pertama pada 11 April lalu ditahan imbang Bhayangkara FC 1-1.

Kekalahan dari Lebanon disebut Kilas Bola membuat netizen Indonesia meminta PSSI mengganti Indra Sjafri dengan Shin Tae-yong yang tengah menganggur pasca batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air.

"Banyak netizen yang menilai strategi yang ditunjukkan Indra Sjafri tidak layak untuk mengikuti turnamen sekelas SEA Games. Permainan Indra dinilai monoton dan skema tidak jelas," demikian narasi Kilas Bola.

Baca Juga: Kalah 1-2 dari Lebanon, Indra Sjafri: Permainan Timnas Tidak Jelek

"Menarik disaksikan kiprah Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-22, apakah digantikan Shin Tae-yong atau tidak. Kita lihat saja ke depannya."

KESIMPULAN

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melampaikan tangan ke penonton selama laga uji coba FIFA Matchday kontra Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/3/2023) malam WIB. [PSSI]
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melampaikan tangan ke penonton selama laga uji coba FIFA Matchday kontra Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/3/2023) malam WIB. [PSSI]

Berdasarkan thumbnail, judul dan isi video tersebut, kanal YouTube Kilas Bola tidak menyampaikan informasi yang sesuai alias hoax. Thumbnal, judul dan narasi yang disampaikan tidak saling berkaitan.

Pada thumbnail dan judul, Kilas Bola menyampaikan seolah-olah Erick Thohir telah mencopot Indra Sjafri dan memilih Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22.

Namun narasi dalam video itu cuma mengklaim bahwa netizen Indonesia meminta PSSI mencopot Indra Sjafri untuk digantikan Shin Tae-yong.

Terlepas dari itu, informasi yang disampaikan Kilas Bola tidak mencantumkan sumber yang jelas.

Melansir laman resmi PSSI, informasi terkait pencopotan Indra Sjafri oleh Erick Thohir juga tidak ditemukan hingga Sabtu (15/4/2023) pagi WIB ini.

Lagi pula, pemilihan Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22 juga telah dilakukan jauh-jauh hari. Bahkan, Shin Tae-yong setuju dengan keputusan itu.

"Coach Shin Tae-yong menerima untuk saya membantu memegang timnas Indonesia U-22," kata Indra Sjafri pada awal Februari lalu.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak