Kritik Kepala Daerah yang Tolak Timnas Israel, Gibran: Kok Protesnya Baru Sekarang?

Gibran dibuat emosi dengan sejumlah kepala daerah yang tolak Timnas Israel.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 28 Maret 2023 | 15:13 WIB
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri Welcome Dinner di Pure Pangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah pada Ahad (15/1/2023). [Foto: LTN PBNU/Suwitno]

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri Welcome Dinner di Pure Pangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah pada Ahad (15/1/2023). [Foto: LTN PBNU/Suwitno]

Bolatimes.com - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka kecewa berat dengan pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 gara-gara muncul gelombang penolakan terhadap Timnas Israel. Akibat kejadian ini, status tuan rumah Indonesia terancam dicabut FIFA.

Dilansir dari kanal YouTube Berita Surakarta, Gibran menegaskan bahwa kepala daerah perlu berkomitmen dari perjanjian yang ditanda tangani. Ia mengaku heran beberapa pihak memprotes baru-baru sekarang. 

"Cuma satu aja kalau dipermasalahkan harusnya protesnya dulu-dulu kenapa baru sekarang?" kritik Gibran.

Baca Juga: Tanpa 6 Pemain, Persija Jakarta Tetap Percaya Diri Hadapi Persita Tangerang

Dirinya kemudian meminta pada masa depan Indonesia tidak lagi mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Pasalnya Indonesia seperti tidak siap dengan adanya konsekuensi yang ada. 

"Kalau saya komitmen dengan segala konsekuensinya. Saya sudah tanda tangan komitmen. Kalau mau protes harusnya dari dulu. Bukan sekarang protesnya sudah keluar anggaran kok baru protes," tegasnya.

Lebih lanjut, Gibran mengaku siap apabila Solo ditunjuk sebagai tempat drawing Piala Dunia U-20 menggantikan Bali. Hal itu disampaikan Gibran saat menjawa pertanyaan wartawan di Bali Kota Solo, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: Gibran Pastikan Solo Siap Gantikan Bali Jadi Tuan Rumah Drawing Piala Dunia U-20 2023

“Kalau seandainya pindah ke Solo siap?” tanya wartawan.

Bukannya menolak, ternyata Gibran dengan tegas menjawab bahwa Solo siap jadi tuan rumah drawing Piala Dunia U-20 2023.

“Jika ada perintah dari PSSI, dari Menpora, saya siap,” tandas Gibran.

Baca Juga: Gelandang Timnas Indonesia U-20: Memperjuangkan Kemerdekaan Palestina Tidak Harus Mengorbankan Mimpi Anak Bangsa

Dia juga sempat disinggung soal pernyataan dari Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga sikap PDIP yang menolak Timnas Israel U-20 berlaga di Indonesia. Gibran pun memberi komentarnya yang cukup moderat.

“Saya sebagai tuan rumah sudah menyiapkan venue untuk memastikan para peserta, atlet yang akan bertanding di Kota Solo bisa beraktivitas dengan nyaman semua,” pungkas Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Persija Jakarta Main Tanpa 6 Pemain yang ke Timnas Indonesia, Thomas Doll: Saya Sudah Tak Kaget Lagi

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak