10 Pemain Peraih Golden Boot di Piala Dunia U-20, Terakhir Ada dari Korsel

Berikut 10 pemain peraih Golden Boot di Piala Dunia U-20.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 25 Maret 2023 | 16:00 WIB
Kang Seong-jin (Transfermarkt)

Kang Seong-jin (Transfermarkt)

Bolatimes.com - Sebagai kompetisi termahsyur sepak bola kelompok umur dunia, Piala Dunia U-20 hadirkan para wonderkid yang menjelma sebagai bintang kelas dunia.

Indonesia akan segera menggelar Piala Dunia U-20 2023, ajang ini pernah menghadirkan sederet pemain top dunia termasuk Diego Maradona hingga Lionel Messi.

Dua nama yang sempat menyabet status en Boot, status yang setidaknya pernah diraih 10 pemain kondang sepak bola dunia.

Baca Juga: 3 Alasan Timnas Indonesia Bakal Kalahkan Burundi

Tak hanya di level tim nasional, para pemain ini juga menuai kesuksesan saat berseragam klub masing-masing, lantas siapa saja mereka? berikut di antaranya.

1. Javier Saviola (Piala Dunia U-20 2001)

Belasan gol diciptakan Saviola di ajang tersebut, total 11 gol dengan dua hattrick dan satu gol dalam kemenangan 3-0 Argentina di partai final melawan Ghana.

Baca Juga: Kisah Dipo Alam, Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Jadi Korban Dualisme Kini Sukses Bisnis Es Krim di Amerika

Saviola menjadi pemain pertama yang sukses meraih status en Boot alias pencetak gol terbanyak di ajang tersebut.

2. Ismail Matar (Piala Dunia U-20 2003)

Pemain Uni Emirat Arab ini berhasil menyusul Saviola sebagai pahlawan lokal dengan membawa timnya meraih kemenangan di babak 16 besar turnamen.

Baca Juga: Momen Kompaknya Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Marc Klok di Sesi Latihan Timnas Indonesia

Satu golnya ke gawang Australia berhasil membawa Uni Emirat Arab melaju ke babak delapan besar Piala Dunia U-20 2003.

3. Lionel Messi (Piala Dunia U-20 2005)

Sempat menelan kekalahan di laga pertama, Argentina sukses keluar sebagai juara di Piala Dunia U-20 2005, Lionel Messi jadi bintangnya.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Burundi, Yakob Sayuri Beberkan Hal yang Disiapkan Shin Tae-yong

Meskipun butuh nyaris dua dekade untuk menyamai torehan sang senior, Javier Saviola di ajang Piala Dunia kelompok umur.

4. Sergio Aguero (Piala Dunia U-20 2007)

Argentina tak berhenti memproduksi striker jempolan, setelah Saviola yang bersinar di Piala Dunia U-20 2001 dan Messi di Piala Dunia U-20 2005.

Kini giliran Sergio Aguero yang jadi bintang di Piala Dunia U-20 2007 Kanada lewat dua gelar bergengsi, salah satunya en Boot.

Setelah Saviola dan Messi, Aguero menjadi pemain ketiga yang sukses meraih Bola Emas dan Sepatu Emas dengan torehan enam golnya.

Selain kelima pemain di atas, lima peraih golden boot di ajang yang sama lahir dari sederet negara berbeda.

Seolah menegaskan persaingan di kompetisi kelompok umur ini terjadi secara menyeluruh, lantas siapa saja pemain lainnya? berikut di antaranya.

Dominic Adiyiah (Ghana) - Piala Dunia U-20 2009
Henrique Almeida (Brasil) - Piala Dunia U-20 2011
Paul Pogba (Prancis) - Piala Dunia U-20 2013
Adama Traore (Mali) - Piala Dunia U-20 2015
Dominic Solanke (Inggris) - Piala Dunia U-20 2017
Lee Kang-in (Korea Selatan) - Piala Dunia U-20 2019

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak