Kalahkan Thailand dan Vietnam, Indonesia Jadi Negara ASEAN yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia U-20

Indonesia jadi negara ASEAN yang paling sering tampil di Piala Dunia U-20, segini jumlahnya.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 23 Maret 2023 | 17:30 WIB
Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023. (Instagram/@pssi)

Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia boleh saja tak terlalu tangguh bagi lawan di kawasan Asia Tenggara, namun prestasi di Piala Dunia jadi satu-satunya yang terbaik.

Bicara soal Piala Dunia, wakil Asia Tenggara cuma Indonesia yang bisa menyentuh putaran final kompetisi terakbar sepak bola ini.

Meskipun saat itu Indonesia masih menggunakan nama Hindia Belanda, karena memang negara ini masih menjadi negara koloni Belanda.

Baca Juga: 4 Tahun Absen, Gelandang Asing PSS Sleman Girang Dipanggil Perkuat Timnas Palestina Lagi

Sementara di level Piala Dunia U-20, baru ada 4 negara dari Asia Tenggara yang mampu meloloskan diri, selain Indonesia ada pula Malaysia, Myanmar dan Vietnam.

Di Piala Dunia U-20 2023 nanti, hanya Indonesia yang akan mewakili Asia Tenggara bersama statusnya sebagai tuan rumah kompetisi.

Keikutsertaan Indonesia di ajang ini merupakan kali keduanya setelah Piala Dunia U-20 1979 yang saat itu digelar di Jepang.

Baca Juga: Ulah Saddil Ramdani Disorot usai Shin Tae-yong Tanya Siapa Pemain Timnas Indonesia yang Tak Puasa

Berisi para tokoh terkenal, seperti Subangkit dan Bambang Nurdiansyah meskipun gagal lolos dari fase grup.

Menelan tiga kali kekalahan, termasuk saat dilibas Argentina bersama Diego Maradona yang tengah bersinar.

Sementara tiga tim Asia Tenggara lainnya, termasuk Malaysia, Myanmar dan Vietnam baru sekali tampil di putaran final Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Sempat Cedera di Klub Inggris, Elkan Baggott Akui Sudah Fit untuk Bela Timnas Indonesia

Malaysia menorehkan catatan itu pada Piala Dunia U-20 1997, berstatus sebagai tuan rumah dan juga gagal lolos dari fase grup.

Kemudian Myanmar lolos ke Piala Dunia U-20 2015 yang berlangsung di Selandia Baru, catatan itu cukup fenomenal.

Pasalnya Myanmar lolos ke putaran final turnamen dengan status semifinalis Piala Asia U-20 2014, meskipun berakhir dengan tiga kekalahan di fase grup.

Baca Juga: CEK FAKTA: Shayne Pattynama Akhirnya Bela Timnas Indonesia, Bisa Debut Lawan Burundi?

Sementara itu Vietnam, lolos ke Piala Dunia U-20 2017 yang berlangsung di Korea Selatan dengan torehan yang cukup membanggakan.

Dari tiga pertandingan, Vietnam sukses mengemas satu poin usai menahan imbang Selandia Baru dengan skor 0-0 di babak penyisihan grup.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak