Indonesia Kecolongan, Singapura Justru Lebih Dulu Lawan Timnas Argentina

Singapura tercatat lebih dulu menghadapi Timnas Argentina yang diperkuat Angel Di Maria dan Paulo Dybala.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 20 Maret 2023 | 14:24 WIB
Potret aksi Angel Di Maria saat laga Argentina vs Singapura. (AFP)

Potret aksi Angel Di Maria saat laga Argentina vs Singapura. (AFP)

Bolatimes.com - Saat PSSI tengah berencana menjadikan Argentina lawan tanding Timnas Indonesia, Singapura ternyata bisa lebih dulu menggaet juara Piala Dunia 2022 itu sebagai lawan tandingnya. Kapan itu terjadi?

Bukan rahasia lagi jika belakangan sepak bola nasional tengah digemparkan dengan rencana PSSI untuk menghadirkan Timnas Argentina ke Indonesia.

Direncanakan bahwa tim berjuluk La Albiceleste itu nantinya bisa berkunjung ke Tanah Air untuk menjadi lawan tanding Timnas Indonesia.

Baca Juga: Daftar Lenglap Gelar Fajar/Rian di BWF World Tour, Terbaru Juara All England

Hal ini diakui oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali, yang menyebutkan bahwa Erick Thohir selaku Ketua Umum telah mengadakan komunikasi dengan beberapa federasi.

Komunikasi itu dilakukannya saat menghadiri Kongres FIFA di Rwanda. Disebutkan bahwa Erick Thohir tengah mengusahakan agar Argentina mau melawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday di Juni 2023.

“Ketum (Erick Thohir) komunikasi dengan beberapa federasi nasional masing-masing dan katanya akan mengundang di FIFA Matchday bulan Juni itu sudah ada Palestina akan main. Dan yang sedang diusahakan itu Argentina,” ujar Zainudin Amali saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Jumat (17/3).

Baca Juga: Rencana Undang Argentina untuk FIFA Matchday Juni 2023, Indonesia Disorot Media Vietnam

Sontak pernyataan ini menjadi kejutan tersendiri. Pasalnya, Argentina bukanlah lawan sembarangan karena berstatus juara Piala Dunia 2022 dan saat ini duduk di peringkat ke-2 FIFA.

Dengan statusnya itu, PSSI pun harus bisa membujuk Argentina agar mau menjadi lawan Timnas Indonesia dan harus siap mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Untuk itu, PSSI pun bisa belajar dari federasi sepak bola Singapura atau FAS yang ternyata pernah berhasil melobi Argentina sebagai lawan tanding.

Baca Juga: Lagi-lagi Tumbang dari Barcelona, Pelatih Real Madrid Salahkan VAR hingga Disentil Xavi Hernandez

Singapura Pernah Hadapi Argentina

Federasi sepak bola Singapura (FAS) berhasil melobi Argentina agar mau menjadi lawan tanding tim nasionalnya pada 2017 silam.

Hal tersebut terjadi saat Argentina tengah melakoni tur ke Asia dan Australia. Rencananya, La Albiceleste hanya akan bertanding melawan masing-masing satu tim dari dua benua tersebut.

Baca Juga: Profil dan Deretan Prestasi Syabda Perkasa Belawa, Pebulu Tangkis Muda Indonesia yang Tutup Usia

Usai pilihan jatuh ke Australia, Argentina kemudian menjatuhkan pilihan lainnya ke Singapura sebagai lawan asal Asia pada turnya itu.

Sejatinya, PSSI dikabarkan sempat membujuk Argentina agar mau bertanding dengan Timnas Indonesia pada tur tersebut.

Namun Argentina lebih memilih Singapura. Besar kemungkinan, pilihan La Albiceleste yang saat itu ditukangi Jorge Sampaoli karena FAS memberikan fasilitas dan Match Fee yang lebih baik dari penawaran PSSI.

Saat itu, laga antara Singapura vs Argentina pun dimainkan pada 13 Juni 2017 di Singapore National Stadium, Kallang, Singapura.

Dalam duel tersebut, Argentina tanpa kehadiran Lionel Messi dan tampil dengan deretan bintang lainnya, seperti Angel Di Maria, Paulo Dybala, Ever Banega, Leandro Paredes, Papu Gomez dan lain-lain.

Karena hampir turun dengan kekuatan terbaiknya saat itu, Argentina pun berhasil menggasak Singapura dengan skor 6-0.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak