Luis Milla Buka-bukaan soal 'Dapur ' Persib Bandung, Akui Pemahaman Taktik Pemain Kurang

Luis Milla blak-blakan menyebut para pemain Persib Bandung pemahaman taktiknya kurang, sehingga dirinya memutar otak untuk menemukan strategi yang cocok hingga akhirnya tak terkalahkan dalam 14 laga

Rabu, 08 Februari 2023 | 13:29 WIB
Luis Milla mulai memimpin latihan Persib Bandung pada Kamis (1/9/2022). (Dok. Liga Indonesia Baru)

Luis Milla mulai memimpin latihan Persib Bandung pada Kamis (1/9/2022). (Dok. Liga Indonesia Baru)

Bolatimes.com - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka-bukaan soal 'dapur' Persib Bandung usai tak terkalahkan dalam 14 pertandingan BRI Liga 1 2022-2023.

Luis Milla bisa dibilang sebagai penyelamat musim Persib Bandung. Sebelum kedatangannya, tim berjuluk Pangeran Biru itu terseok-seok hingga menduduki papan bawah klasemen.

Namun, sejak kehadiran Milla yang menggantikan Robert Rene Alberts, Persib tidak hanya bangkit tetapi kini jadi calon kuat perih gelar juara BRI Liga 1 2022-2023.

Persib Bandung saat ini memuncaki klasemen BRI Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 45 poin dari 21 pertandingan dan bahkan sudah tak terkalahkan dalam 14 pertandingan terakhir sejak ditukangi Luis Milla.

Namun, proses mantan pelatih Timnas Indonesia itu untuk membenahi Persib tidak mudah. Dia harus dihadapkan pada situasi tidak ideal termasuk penilaiannya yang menganggap para pemain lokal kurang paham dasar-dasar sepak bola.

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla. (HO/Persib.co.id)
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla. (HO/Persib.co.id)

"Para pemain lokal sukar memahami permainan. Mereka sepertinya tidak memiliki pemahaman dasar tentang permainan seperti kita di Eropa atau Spanyol," kata Luis Milla dalam wawancara dengan wartawan Spanyol di kanal Youtube Nostalgia Futbolera yang diterjemahkan pundit Tommy Desky di kanal Youtube-nya, Selasa (7/2/2023).

Menurut Luis Milla, kunci kebangkitan Persib Bandung di BRI Liga 1 2022-2023 adalah pemilihan taktik dengan mengedepankan formasi tiga bek dengan diapit dua wingback alih-alih empat bek yang lebih disukainya.

Milla harus melakukan penyesuaian itu karena Persib Bandung disebut punya masalah besar di lini pertahanan yang begitu mudah dibobol lawan.

"Kenyataannya adalah, pada awalnya [sebelum saya datang--Red] tim ini (Persib) berada di urutan kelima dari bawah," ujar Luis Milla.

"Sebagai pelatih, saya selalu senang bermain dengan formasi empat pemain [belakang--Red], bermain dengan tiga, bahkan empat gelandang," ujar pria asal Spanyol tersebut.

"Nah, saya datang ke Indonesia dan tim memiliki beberapa masalah dan saya harus membuat formasi lima pemain [belakang] dan bermain dengan dua gelandang."

Pemilihan formasi itu membuat Luis Milla meminta striker Persib Bandung untuk bermain lebih cair dan tak hanya menunggu atau bergerak statis di lini depan.

"Pada akhirnya kami para pelatih harus beradaptasi dengan situasi tertentu yang dibutuhkan tim, dalam hal ini, pada saat tertentu," kata Milla.

"Dan dari sana (sistem tiga bek) fakta bahwa anda mampu mengeluarkan mereka dari situasi yang rumit dan sulit, seperti situasi yang Persib alami."

Berkat pendekatan taktik itu, Milla kini memecahkan rekor sebagai pelatih pertama yang mampu membawa timnya melewati 14 laga tak terkalahkan dalam satu musim kompetisi BRI Liga 1.

Dia berharap laju positif Persib terus berlanjut dengan cara terus melakukan penyesuaian terhadap taktik tim asal Jawa Barat tersebut.

"Nah, sejak saat itu, [Persib] tumbuh, anda menambahkan nuansa anda sendiri," jelas Milla.

"Dan sekarang anda mencoba untuk dapat memahami apa yang harus anda lakukan pada saat tertentu."

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Nova Arianto sepertinya menggembleng fisik para pemain Timnas Indonesia U-16 dengan keras

bolaindonesia | 12:57 WIB

Begini komentar Nova Arianto usai Timnas Indonesia U-16 membantai Singapura

bolaindonesia | 07:34 WIB

Berposisi mirip dengan Pratama Arhan, Fabio Azka Irawan juga bisa melakukan lemparan super jauh

bolaindonesia | 07:27 WIB

Undian akan digelar pada 27 Juni 2024. Ingin satu grup dengan siapa?

bolaindonesia | 20:28 WIB

Piala AFF 2024 tidak menjadi prioritas utama PSSI untuk juara, malah SEA Games yang ditarget

bolaindonesia | 06:46 WIB

Terlalu mudah bagi Jerman, kandidat juara Euro 2024?

bolaindonesia | 19:20 WIB

Salah satu klub Premier League resmi menggaet bek mahal keturunan Indonesia dan langsung diikat kontrak 6 tahun

bolaindonesia | 19:12 WIB

Timnas Indonesia selangkah lagi melewati peringkat FIFA tertinggi yang diraih oleh tim Merah-Putih sejak 24 Agustus 2011

bolaindonesia | 18:57 WIB

Miroslav Fernando terpental dari seleksi Timnas Indonesia U-16 karena demam berdarah (BD)

bolaindonesia | 14:12 WIB

Jalan berliku telah dilewati Bojan Hodak dengan mendongkrak posisi Persib yang di awal musim ada di papan bawah.Kini kemenangan luar atas Madura United mengantarkan Bojan Hodak berpeluang mencatat sejarah luar.

bolaindonesia | 14:51 WIB

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak