Bolaindonesia

Malaysia Berencana Gelar Piala Merdeka 2023, tapi Tak Undang Indonesia

Malaysia akan menggelar Piala Merdeka 2023 setelah mati suri selama 10 tahun lebih.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Malaysia di Piala AFF 2022 merayakan kemenangan atas Singapura. (Instagram/@famalaysia)
Pemain Timnas Malaysia di Piala AFF 2022 merayakan kemenangan atas Singapura. (Instagram/@famalaysia)

Bolatimes.com - Setelah mati suri selama 10 tahun lebih, Malaysia berencana menggelar kembali turnamen legendaris bertajuk Piala Merdeka di tahun 2023, sayangnya Indonesia tak diundang.

Gelaran turnamen Piala Merdeka 2023 digelar dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Malaysia, menurut rencana dihelat pada September mendatang.

Nantinya akan ada tiga negara yang ikut berpartisipasi dalam turnamen ini, dua di antaranya merupakan negara yang berasal dari Asia Tenggara.

Sementara satu lainnya berasal dari Asia Barat, menariknya Indonesia tidak ada dalam undangan sebagai kontestan Piala Merdeka 2023.

Malaysia lebih tertarik mengajak duo finalis Piala AFF 2023, Vietnam selaku runner-up dan tentunya Thailand yang lagi-lagi menjadi kampiun di ajang ini.

Sementara itu satu lawan dari Asia Barat masih memiliki dua kandidat, bisa itu Suriah atau Palestina sesuai dengan laporan The ASEAN Football.

Kali terakhir Piala Merdeka 2023 digelar pada 2013 lalu, turnamen ini termasuk ajang persahabatan dan bahkan digelar di kalender FIFA.

Mirip seperti Kings Cup di Thailand dan Piala Kemerdekaan Indonesia, sementara Piala Merdeka diketahui sudah digelar sejak 1957 silam.

Di sisi lain, timnas Indonesia termasuk kontestan yang paling diperhitungkan di ajang ini dengan tiga kali gelar juara dan empat kali raihan runner-up.

Sebanyak tujuh kali skuad Garuda berlaga di ajang ini, kali terakhir terjadi di tahun 2006, kondisi yang menarik untuk ditelaah lebih jauh.

Kemungkinan besar penurunan prestasi timnas Indonesia menjadi biang kerok dan alasan Malaysia tak mengundang skuad Garuda untuk ajang ini.

Hal itu menjadi alasan yang paling masuk akal, level timnas Indonesia dan Malaysia saat ini bisa dibilang sama kuatnya.

Sama-sama terhenti di babak semifinal Piala AFF 2022, turnamen sepak bola paling bergengsi di kancah Asia Tenggara.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini