Bolaindonesia

Akhiri Kutukan 26 Tahun, Park Hang-seo Girang Vietnam Hajar Timnas Indonesia di Piala AFF

Park Hang-seo semringah akhirnya Vietnam mengalahkan Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita

Park Hang-seo mengaku kecewa usai ditahan imbang Singapura di Piala AFF 2022 (The Thao 247)
Park Hang-seo mengaku kecewa usai ditahan imbang Singapura di Piala AFF 2022 (The Thao 247)

Bolatimes.com - Pelatih Vietnam Park Hang-seo semringah skuadnya berhasil menumbangkan Timnas Indonesia di Piala AFF setelah 26 tahun.

Setelah menunggu hampir tiga dekade, Vietnam mengalahkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, tepatnya di babak semifinal yang digelar Senin (9/1/2023) malam.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, pasukan Park Hang-seo mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-0 berkat brace Nguyen Tien Linh.

Kemenangan tersebut mengantarkan The Golden Star Warriors ke final Piala AFF 2022, dan tinggal menunggu lawan antara Thailand atau Malaysia yang akan diperebutkan hari ini.

Park Hang-seo bangga anak asuhnya menang dan berhasil lolos ke final Piala AFF 2022 usai melibas Timnas Indonesia di kandang.

"Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada para pemain untuk memenangkan laga agar generasi baru Vietnam tidak lagi terbebani dengan hal itu," ujar Park dalam konferensi pers setelah pertandingan di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin malam.

Kemenangan Terakhir timnas Vietnam atas Indonesia di Piala AFF, sebelum edisi 2022, terjadi di Piala AFF 1996. Ketika itu, Vietnam menaklukkan Indonesia dengan skor 3-2.

Bukan cuma memecahkan rekor, keunggulan Vietnam dua gol tanpa balas di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 juga membuat mereka melaju ke final turnamen.

Bagi Park Hang-seo, itu menjadi final keduanya di Piala AFF sejak menangani timnas Vietnam pada tahun 2017. Dia pun berpotensi kembali membawa Vietnam juara seperti yang dilakukannya tahun 2018.

Terkait hal tersebut, Park Hang-seo mengapresiasi kinerja anak-anak asuhnya yang selalu berupaya keras saat berlaga di lapangan.

"Performa pemain bagus dan mereka menunjukkan yang terbaik untuk membawa tim ke final," tutur juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini