Bolaindonesia

'Dicuekin', 4 Pemain Cuma Jadi Cadangan Mati Timnas Jepang di Piala Dunia 2022

Empat pemain ini tak dimainkan meski Jepang lolos sampai 16 besar Piala Dunia 2022.

Husna Rahmayunita

Sutho Machino dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022. (dok.J League)
Sutho Machino dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022. (dok.J League)

Bolatimes.com - Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar menyandang status sebagai salah satu kuda hitam. Samurai Biru sudah menjadi penantang meski ada empat pemain yang tak diacuhkan pelatihnya.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Jepang sebenarnya tergabung dalam grup sulit bahkan cenderung disebut neraka bersama Spanyol, Jerman dan Kosta Rika.

Namun, Jepang menunjukkan tajinya sebagai tim raksasa Asia dan mampu menumbangkan Jerman serta Spanyol di babak penyisihan grup.

Meskipun dipaksa mengakui keunggulan Kosta Rika, Samurai Biru pun melaju ke babak 16 besar turnamen empat tahunan sepak bola dunia ini.

Sebelum langkah mereka kandas saat berhadapan dengan runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia bahkan lewat drama adu penalti.

Meskipun catatan minor juga menyertai skuad asuhan Hajime Moriyasu, di mana setidaknya ada 4 pemain timnas Jepang di Piala Dunia 2022 yang tidak merasakan bermain.

Siapa saja para pemain yang dimaksud? berikut 4 pemain timnas Jepang yang tidak merasakan menit bermain di Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Daniel Schmidt

Dilihat dari namanya, Daniel Schmidt tentu bukan produk asli Jepang karena memang sosoknya adalah pemain keturunan Amerika Serikat.

Berposisi sebagai kiper, namun sejak debutnya pada 2018 lalu tak kunjung mendapat kepercayaan dengan menit bermain banyak.

Pemain berusia 30 tahun ini lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan dengan hanya menorehkan 11 caps, dan tak merasakan menit main di Piala Dunia 2022.

2. Eiji Kawashima

Kiper Timnas Jepang, Eiji Kawashima. (AFP)
Kiper Timnas Jepang, Eiji Kawashima. (AFP)

Usianya sudah 39 tahun, namun Eiji Kawashima tetap mendapat kepercayaan bermain di bawah panji-panji kebesaran timnas Jepang.

Sudah sejak 2010 silam sosoknya menjadi andalan, namun pada edisi 2022 Kawashima bukanlah pilihan utama bagi Hajime Moriyasu.

Bahkan meski tanpa bermain, Piala Dunia 2022 Qatar dinilai menjadi pentas terakhirnya bersama timnas Jepang di kancah internasional.

3. Gaku Shibasaki

Usianya sudah 30 tahun, Shibasaki sebenarnya salah satu pemain andalan Jepang di level internasional namun Moriyasu memiliki penilaian lain.

Moriyasu yang sebelumnya kerap memainkan Shibaksaki justru tak memberi menit bermain sama sekali untuknya di Piala Dunia 2022 Qatar.

Pemilik 60 caps sejak debut pada 2014 ini hanya merasakan hangatnya bangku cadangan Piala Dunia 2022 Qatar hingga babak 16 besar turnamen.

4. Shuto Machino

Posisinya sebagai striker, namun di Piala Dunia 2022 justru tak diacuhkan Hajime Moriyasu setelah sama sekali tak memainkannya di turnamen ini.

Usut punya usut, kurangnya pengalaman Machino menjadi faktor utama mengapa sang pemain hanya menjadi pengisi bangku cadangan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Hingga Jepang harus berjibaku dalam adu penalti yang sulit melawan Kroasia, Machino sama sekali tak dilirik Moriyasu.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini