Bolaindonesia

Timnas Indonesia Tak Gelar Uji Coba Jelang Piala AFF 2022, Ini Alasan Shin Tae-yong

Ini alasan Shin Tae-yong tak mengagendakan uji coba buat Timnas Indonesia jelang tampil di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha

Pemain Timnas Indonesia menjalani latihan perdana dalam pemusatan latihan (TC) jelang Piala AFF 2022 di Bali, Senin (28/11/2022). [PSSI]
Pemain Timnas Indonesia menjalani latihan perdana dalam pemusatan latihan (TC) jelang Piala AFF 2022 di Bali, Senin (28/11/2022). [PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dipastikan tanpa uji coba jelang tampil di Piala AFF 2022. Pelatih Shin Tae-yong membeberkan alasannya.

Piala AFF 2022 mulai bergulir pada 20 Desember mendatang sampai 16 Januari 2023. Di mana Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja di laga perdana pada 23 Desember.

Sayangnya, Timnas Indonesia cuma bisa berlatih saja tidak ada pertandingan uji coba. Hal ini disebabkan lantaran Liga 1 2022/2023 sudah berjalan lagi.

Tadinya, Timnas Indonesia direncanakan bakal melawan salah satu tim Liga 1. Namun tidak jadi karena kompetisi sudah dimulai sehingga tim Merah Putih hanya akan berlatih.

"Situasinya tidak mendukung untuk uji coba karena liga sudah bergulir," kata Shin Tae-yong dalam keterangan yang dilansir dari Suara.com, Kamis (8/12/2022).

Meski begitu Shin Tae-yong mengaku perkembangan anak asuhannya sudah bagu. Sudah ada peningkatan dari segi fisik dan mental sejak kali pertama TC di Bali dimulai.

"Selama seminggu ini memang latihan dan intensitasnya tinggi. Para pemain bekerja keras dan maksimal semuanya tanpa terkecuali. Jadi sebagai pelatih kepala di sini, saya sangat berterima kasih kepada para pemain," terang Shin Tae-yong.

"Jujur, yang namanya progress sebenarnya kita gak bisa lihat dari latihan, tetapi hanya bisa kita lihat dari pertandingan. Tetapi memang dari segi mental dan fisik, memang sedikit demi sedikit semakin membaik," ia menambahkan.

Selain itu, juru formasi asal Korea Selatan itu menyebut tidak ada pemainnya yang mengalami cedera. Seluruh pemain yang ada di TC siap menghadapi Piala AFF.

"Tidak ada sama sekali yang cedera." pungkas mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Adapun Timnas Indonesia berada di Grup A Piala AFF 2022. Tim Merah Putih akan melawan juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Berita Terkait

Berita Terkini