Bolaindonesia

Urutan Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022

Ada empat klub yang jadi penyumbang pemain terbanyak Timnas Indonesia jelang tampil di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)
Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memilih nama-nama pemainnya yang dipanggil untuk mengikuti persiapan Piala AFF 2022. Setidaknya, ada beberapa klub yang tercatat menyumbangkan nama pemain terbanyak.

Dari total 28 nama pemain yang dipanggil timnas Indonesia, terdapat empat klub Liga 1 2022-2023 yang tercatat mengirimkan pemain terbanyak untuk mengikuti Piala AFF 2022.

Keempat klub yang dimaksud ialah Persija Jakarta, Persib Bandung, PSM Makassar, dan Persikabo 1973. Masing-masing klub ini menyetorkan tiga nama pemain.

Deretan pemain Persija Jakarta yang mendapat panggilan timnas Indonesia kali ini ialah Muhammad Ferarri, Syahrian Abimanyu, dan Hansamu Yama Pranata.

Untuk Ferarri, ini bukan panggilan pertamanya. Sebab, kapten timnas U-20 Indonesia itu sebelumnya pernah dipanggil saat skuad Garuda menghadapi laga FIFA Matchday kontra Curacao.

Adapun Hansamu Yama menjadi kejutan tersendiri. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu akhirnya kembali mendapat panggilan timnas Indonesia setelah sekian lama absen dari tugas negara.

Selanjutnya, ada Persib Bandung yang juga sama-sama mengirimkan tiga pemainnya, yakni Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Marc Klok.

Ketiga pemain yang sama-sama berposisi sebagai gelandang ini memang sudah sering menjadi andalan Shin Tae-yong ketika skuad Merah Putih menghadapi laga-laga internasional.

Kemudian, tiga nama pemain yang menjadi wakil PSM Makassar kali ini ialah Yakob Sayuri, Ramadhan Sananta, dan Dzaky Asraf.

Pemain yang disebut terakhir tentu juga menjadi kejutan tersendiri. Pasalnya, ini adalah pemanggilan pertamanya di timnas senior setelah sebelumnya mampu mencuri perhatian di timnas U-20.

Adapun klub terakhir yang juga menyumbangkan tiga pemain, yakni Persikabo 1973, menyetorkan Dimas Drajad, Syahrul Trisna, dan Andy Setyo.

Dua nama pemain pertama sudah tak mengejutkan. Beda halnya dengan Andy Setyo yang selama ini belum bisa merebut hati Shin Tae-yong dan harus absen lama dari panggilan skuad Merah Putih.

Menurut rencana, para pemain ini akan diminta untuk bergabung dengan pemusatan latihan timnas Indonesia yang rencananya berlangsung pada 28 November mendatang.

Pada tahap pertama, TC timnas Indonesia akan berlangsung di Bali. Setelah itu, mereka akan melanjutkan persiapan di Jakarta.

Berikut Daftar Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Timnas Indonesia.

  • Persija Jakarta (3 Pemain): Hansamu Yama, Muhammad Ferarri, Syahrian Abimanyu
  • Persib Bandung (3 Pemain): Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marc Klok
  • PSM Makassar (3 Pemain): Yakob Sayuri, Dzaky Asraf, Ramadhan Sananta
  • Persikabo 1973 (3 Pemain): Dimas Drajad, Syahrul Trisna, Andy Setyo

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini