Bolaindonesia

Erick Thohir Jadi Sorotan Media Italia, Disebut Silvio Berlusconi-nya Indonesia

Sosok mantan presiden Inter Milan, Erick Thohir baru-baru ini jadi sorota media Italia gegara jamu langsung tangan kanan Vladimir Putin, Sergey Lavrov.

Rauhanda Riyantama

Potret Erick Thohir saat menjadmu Menlu Rusia, Sergey Lavrov jelang KTT G-20 di Bali. (Twitter)
Potret Erick Thohir saat menjadmu Menlu Rusia, Sergey Lavrov jelang KTT G-20 di Bali. (Twitter)

Bolatimes.com - Mantan presiden Inter Milan yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir tengah jadi perbincangan hangat di media Italia. Sampai-sampai bos Persis Solo itu disebut sebagai Silvio Berlusconi-nya Indonesia.

Erick Thohir jadi sorotan media Italia mulanya gara-gara menjamu langsung Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov yang disebut sebagai tangan kanan Vladimir Putin. Merek seolah takjub dengan sepak terjangnya.

"Dulu dia memperkenalkan diri kepada Inter Milan dengan menyebut idolanya adalahh Nicola Ventola dan hari-hari sekarang dia sibuk bertemu pemimpin dunia di KTT G-20, termasuk Sergey Lavrov, tangan kanan Vladimir Putin," ulas media Italia, Tuttosport.

Media Italia itu lantas memberi julukan baru untuk Erick Thohir. Menteri BUMN itu disebut sebagai Silvio Berlusconi-nya Indonesia.

"Perumpamaan Thohir sangat mirip dengan Silvio Berlusconi. Sama-sama pengusaha di bidang penerbitan dan televisi. Ia (Thohir) mendirikan Mahaka Grup pada 2011 sedangkan Berlusconi sejak 1993," lanjut laporan tersebut.

Dalam uraiannya Tuttosport menjelaskan soal perjalanan Erick Thohir dari sepak terjang di dunia bisnis media hingga kemudian merambah menjadi pemilik klub olahraga.

"Ia kemudian berinvestasi di olahraga, di mulai dari Persib Bandung, lalu ke DC United di MLS, Philadelphia 76ers di NBA lalu membeli Inter dari tangan Moratti pada 15 November 2013," jelas media tersebut.

"Setelah pensiun dan kembali ke tanah air, ia terpilih sebagai presiden Komite Olimpiade Indonesia dan memulai karier politiknya di pemerintah Jokowi untuk urusan ekonomi," tandasnya.

Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)
Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)

Di akhir ulasannya media Italia itu menyebut bukan tidak mungkin Thohir akan ikuti jejak Silvio Berlusconi menjadi orang nomor satu di pemerintahan.

"Sebagai bintang, Thohir bisa terus melesat hingga masa depannya diprediksi akan seperti Berlusconi sebagai seorang perdana menteri," katanya.

Terlepas dari kabar tersebut, Erick Thohir sedang santer digadang jadi Ketua Umum PSSI yang baru. Kabar ini berdasarkan hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) di mana mayoritas publik menginginkan hal tersebut.

Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi mengatakan survei persepsi publik itu dilakukan pascatragedi Kanjuruhan yang membuat kepengurusan Mochamad Iriawan (Iwan Bule) sebagai Ketum PSSI menuai banyak keraguan.

“Tertinggi ada nama Menteri BUMN Erick Thohir,” ungkapnya mengutip dari Antara.

Survei IPI dilakukan dalam rentang 30 Oktober sampai 5 November 2022, menempatkan 1.220 responden, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Survei bertajuk sikap publik terhadap Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI.

Menurut Burhanuddin, masyarakat yang menginginkan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI mencapai 24,1 persen. Angka ini menempatkan Erick di posisi pertama.

Selain Erick, ada juga nama Najwa Shihab. Angkanya mencapai 10,3 persen. Di posisi ketiga ada Kaesang Pangarep dengan 5,7 persen.

(Suara.com/Galih Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini