Bolaindonesia

Jika Kalah 2-5 dari Malaysia, Timnas Indonesia U-16 Sebetulnya Bisa Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Andai saja kalahnya cuma 2-5 atau tidak terbantai seperti semalam. Timnas Indonesia U-16 pasti saat ini lolos ke Piala Asia U-17 2023

Irwan Febri Rialdi

Starting XI Timnas Indonesia U-16 saat melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. FAM)
Starting XI Timnas Indonesia U-16 saat melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 sebetulnya bisa merebut tiket lolos ke Piala Asia U-17 2023 jika kalah 2-5 dari Malaysia pada pertandingan terakhir yang menentukan klasemen akhir Grup B.

Sebab, jika kalah 2-5 dari Malaysia, timnas Indonesia U-16 sejatinya bisa mengatrol posisinya di peringkat keenam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Hal ini tak terlepas dari persaingan ketat yang tersaji di papan tengah klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang menghitung selisih gol antarpesertanya.

Sayangnya, timnas Indonesia U-16 gagal mewujudkan hal tersebut karena justru kalah dengan skor 1-5 dari Malaysia di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (9/10/2022).

Lima gol Malaysia yang bersarang di gawang Indonesia dicetak oleh Zainurhakimi Zain, Anjasmirza, Afiq Danis, dan Arami Wafiy yang hanya mampu dibalas Arkhan Kaka.

Malapetaka ini membuat anak asuh Bima Sakti harus turun ke runner up. Sebab, Indonesia tergusur dari Malaysia pada perebutan klasemen akhir Grup B.

Sedangkan Malaysia yang menang telak berhasil mengkudeta Garuda Asia dari puncak klasemen. Ini juga membuat anak asuh Osmera Omaro lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Persaingan Ketat Jalur Runner-up Terbaik

Saat bersaing di jalur runner-up terbaik, timnas Indonesia U-16 memang kurang diuntungkan karena mereka tergabung di Grup B yang berisi lima kontestan.

Artinya, hasil pertandingan yang diraih oleh timnas Indonesia U-16 di fase kualifikasi tidak dihitung, yakni saat menang 14-0 atas Guam dan menundukkan Palestina dengan skor 2-0.

Hasil pertandingan yang masuk hitung-hitungan klasemen ini ialah duel melawan Uni Emirat Arab yang berakhir dengan skor 3-2 dan kekalahan dari Malaysia yang berakhir telak 1-5.

Dengan kata lain, dari dua pertandingan itu anak asuh Bima Sakti merebut tiga poin. Selisih golnya juga sangat buruk, yakni -3. Ini modal buruk untuk bisa merebut tiket di jalur runner-up terbaik.

Yang sangat menyakitkan dari hasil ini ialah karena Indonesia kalah selisih gol dari Laos untuk melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Sebab, Laos akhirnya merebut peringkat keenam di klasemen akhir runner-up terbaik karena mengantongi tiga poin dengan selisih gol yang hanya -2.

Jika Indonesia Kalah 2-5, Sebetulnya Bisa Lolos

Jika kalah dengan skor 2-5, sebetulnya timnas Indonesia U-16 bisa melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Sebab, Indonesia berhak menempati urutan keenam dan menggeser Laos.

Sebab, seandainya Indonesia hanya kalah 2-5, maka selisih golnya akan sama dengan milik Laos, yakni -2. Jika selisih gol ini setara, maka yang akan dihitung ialah jumlah gol yang mampu dicetak kedua tim.

Jika skenario ini terjadi, maka Indonesia memiliki jumlah memasukan gol sebanyak 5, berbanding milik Laos yang mencapai 2 gol.

Sayangnya, timnas Indonesia U-16 hanya bisa mencetak satu gol ke gawang Malaysia dan ditumbangkan dengan skor 1-5. Kedudukan inilah yang membuat harapan Arkhan Kaka dkk untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 harus dikubur dalam-dalam.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini