Bolaindonesia

Jumpa Lawan Tangguh, Intip Peluang Timnas Futsal Indonesia Kalahkan Jepang di Perempat Final Piala Asia Futsal 2022

Timnas Futsal Indonesia akan menghadapi Jepang di perempatfinal Piala Asia Futsal 2022, Selasa (4/10/2022)

Rauhanda Riyantama

Timnas Futsal Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Asia Futsal 2022 usai kalahkan kalahkah Taiwan 4-1. (Dok. AFC)
Timnas Futsal Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Asia Futsal 2022 usai kalahkan kalahkah Taiwan 4-1. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Menakar peluang Timnas Futsal Indonesia mengalahkan Jepang di babak perempat final Piala Asia Futsal 2022, Selasa (4/10/2022). Adakah asa terbuka untuk skuad Garuda lolos ke semifinal?

Timnas Futsal Indonesia berhasil mencetak sejarah usai memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala Asia Futsal 2022.

Kepastian ini didapatkan usai anak asuh Mohammad Hashemzadeh mengandaskan perlawanan Chinese Taipei di laga terakhir grup C, Minggu (2/10).

Dalam laga tersebut, Timnas Futsal Indonesia mampu menggasak Chinese Taipei dengan skor 4-1 dan meraih tiga poin yang memastikan skuad Garuda lolos menemani Iran ke perempat final Piala Asia Futsal 2022.

Raihan tiga poin dari Chinese Taipei ini membuat Timnas Futsal Indonesia total meraih enam poin di grup C, usai sebelumnya mengandaskan perlawanan Lebanon.

Meski takluk dengan skor masif 0-5 di laga pertama grup C melawan Iran, Timnas Futsal Indonesia tetap berhak melangkah ke perempat final dengan bekal kemenangan atas Lebanon dan Chinese Taipei tersebut.

Keberhasilan ini pun menjadi sejarah tersendiri bagi Timnas Futsal Indonesia. Pasalnya, di sembilan kesertaan sebelumnya di Piala Asia Futsal, skuad Garuda tak pernah lolos ke babak perempat final.

Di tengah euforia pasca mencetak sejarah, Timnas Futsal Indonesia pun telah ditunggu lawan berat di babak perempat final, yakni Jepang selaku juara grup D.

Lantas, bagaimana kans Timnas Futsal Indonesia untuk mengalahkan Jepang dan mencetak sejarah baru dengan lolos ke semifinal Piala Asia Futsal 2022?

Aksi Timnas Futsal Indonesia saat kalahkah Taiwan 4-1 di Piala Asia Futsal 2022. (Dok. AFC)
Aksi Timnas Futsal Indonesia saat kalahkah Taiwan 4-1 di Piala Asia Futsal 2022. (Dok. AFC)

Modal Head to Head

Jepang bukanlah tim sembarangan di kancah futsal Asia. Tim Samurai Biru ini merupakan salah satu dari Raja Futsal Asia bersama Iran.

Sekadar informasi, sepanjang sejarah gelaran Piala Asia Futsal sejak dimulai tahun 1999, hanya ada dua negara saja yang berhasil menjadi juara.

Dua juara tersebut adalah Iran dengan koleksi 12 gelar juara, dan tiga gelar juara lainnya diraih oleh Jepang pada 2006, 2012, dan 2014.

Melihat hal tersebut, sulit untuk mengatakan Timnas Futsal Indonesia bisa menang atas Jepang di perempat final Piala Asia Futsal 2022.

Apalagi Timnas Futsal Indonesia tak diperkuat beberapa pemain bintangnya pada ajang dua tahunan tersebut.

Meski terkesan sulit, bukan hal mustahil bagi Timnas Futsal Indonesia mengalahkan Jepang dan melaju hingga semifinal Piala Asia Futsal 2022.

Timnas Futsal Indonesia memiliki modal berharga berupa Head to Head yang terkesan seimbang dengan Jepang.

Timnas Futsal Indonesia dan Jepang tergolong kerap bertemu di berbagai ajang, baik ajang resmi maupun ajang-ajang uji coba.

Pada Piala Asia Futsal U-20 tahun 2017 lalu, Timnas Futsal Indonesia mampu menahan imbang Jepang dengan skor 3-3.

Hasil itu berlanjut di turnamen CTVA U-20 2019, di mana Timnas Futsal Indonesia sempat tumbang 1-3 dari tiga kali kampiun Piala Asia Futsal tersebut.

Timnas Futsal Indonesia pun pernah membuat kejutan saat mengalahkan Jepang dengan skor 7-3 di laga Friendly Match pada 2015 silam.

Lalu di tahun 2019, Timnas Futsal Indonesia juga bertemu Jepang di ajang Battle of Asia, di mana skuad Garuda tumbang dengan skor 1-3.

Berkaca dari sederet pertemuan itu, Timnas Futsal Indonesia pun memiliki peluang cukup besar untuk bisa mengatasi perlawanan Jepang di perempat final Piala Asia Futsal 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini