Bolaindonesia

Rapor Mentereng Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia, Baru Sekali Kalah Sepanjang 2022

Berikut sepak terjang Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia sejak dikontrak pada 2019.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menunjukkan grafik positif bersama skuad Garuda sejak ditunjuk sebagai pelatih pada 2019 lalu.

Tersisa satu tahun masa bakti Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia, namun sebelum itu pelatih asal Korea Selatan ini berhasil menunjukkan kualitasnya.

Kinerja Shin Tae-yong dalam memimpin timnas Indonesia baik senior maupun kelompok umur akan sangat berpengaruh pada perpanjang kontrak.

Secara perhalan, Shin Tae-yong berhasil mengubah wajah timnas Indonesia, tak hanya di level Asia Tenggara tetapi juga Asia keseluruhannya.

Sejak awal 2020, Shin Tae-yong sudah banyak terlibat dalam pertandingan timnas Indonesia, total 22 laga di semua level kompetisi.

Mulai dari uji coba hingga, pertandingan resmi sekelas babak kualifikasi, paling terbaru adalah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dari 22 pertandingan, Shin Tae-yong mampu menorehkan 12 kali kemenangan, empat hasil imbang dan enam kali kekalahan bersama timnas Indonesia.

Menariknya, semua kekalahan yang dialami timnas Indonesia terjadi di masa awal-awal kedatangan Shin Tae-yong sebagai pelatih baru pengganti Simon McMenemy.

Di tahun 2022, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong bahkan baru sekali kalah dan itu terjadi di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Saat itu skuad Garuda dipaksa mengakui keunggulan Yordania, Marc Klok dkk kalah dengan skor tipis 0-1 dalam pertandingan yang digelar di Kuwait.

Bukan tak mungkin PSSI akan memutuskan memperpanjang masa kontrak Shin Tae-yong dan jika tidak ada halangan, maka hal itu akan berjalan mulus.

Sesuai dengan yang telah diungkapkan Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI, performa impresif timnas Indonesia akan dibayar lunas dengan perpanjangan kontrak sang pelatih.

"Saya sebagai Ketua Umum PSSI dan tentu sudah berkoordinasi dengan Exco akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong," ucap Mochamad Iriawan seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

"Kita juga melihat di mana-mana desakan dari netizen agar STY diperpanjang juga menguat. Atas dasar itu, tentu selain melihat performa tim.

"PSSI akan memperpanjang kontrak yang bersangkutan. Untuk berapa tahun kontrak diperpanjang, kita akan diskusikan lebih lanjut." imbuhnya.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini