Bolaindonesia

Ranking FIFA Terbaru: Malaysia Melesat usai Kalahkan Thailand, Indonesia Turun Peringkat

Malaysia naik peringkat usai kalahkan Thailand di semifinal Kings Cup 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Corbin Ong usai Timnas Malaysia mengalahkan Thailand di Kings Cup 2022. (Dok. FAM)
Selebrasi Corbin Ong usai Timnas Malaysia mengalahkan Thailand di Kings Cup 2022. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Berikut ranking FIFA terbaru di tengah agenda FIFA Matchday, di mana Malaysia dan Indonesia mendapati nasib yang berbeda.

Sebagaimana diketahui, saat ini dunia sepak bola untuk kompetisi level klub tengah diliburkan seiring adanya agenda FIFA Matchday.

Agenda FIFA Matchday sendiri merupakan agenda rutin yang diselenggarakan FIFA untuk memberikan waktu bagi setiap negara melakoni pertandingan atau melangsungkan kompetisi.

Dalam agenda FIFA Matchday yang berlangsung dua pekan ini, biasanya setiap negara melakoni laga uji tanding dengan negara lainnya.

Tujuan melakukan uji tanding ini biasanya untuk menguji kekuatan tim. Namun sebagian juga dilakukan untuk menaikkan ranking negaranya di mata FIFA.

Dalam sepekan terakhir ini, beberapa laga FIFA Matchday telah dimainkan oleh beberapa negara, sehingga hal ini membuat adanya perubahan di ranking FIFA.

Sebagai contoh, Timnas Indonesia yang sebelumnya berada di ranking ke-155, harus menelan pil pahit karena posisinya tergusur ke posisi 156.

Posisi Timnas Indonesia tergusur oleh Maladewa yang telah melakoni FIFA Matchday pada Rabu (21/9) usai menang 3-0 atas Brunei Darussalam.

Posisi Timnas Indonesia pun harus tergusur karena skuad Garuda baru akan melakoni laga FIFA Matchday melawan Curacao pada Sabtu (24/9) dan Selasa (27/9).

Jika Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan atas Curacao, bisa dipastikan posisi skuad Garuda akan melejit karena akan mendapat poin yang mumpuni mengingat lawannya itu ada di posisi ke-84.

Nasib Indonesia yang tergusur di ranking FIFA ini nyatanya berbanding terbalik dengan rival abadinya, Malaysia yang justru melejit.

Malaysia Melejit

Di FIFA Matchday kali ini, ranking Malaysia langsung melejit ke posisi 147. Sebelumnya, Harimau Malaya hanya menempati peringkat 148.

Melejitnya posisi Malaysia di ranking FIFA sendiri tak lepas dari kemenangan yang didapatkan atas rivalnya di Asia Tenggara, Thailand.

Malaysia belum lama ini berhasil mengalahkan Thailand lewat drama adu penalti di babak semifinal ajang bertajuk King’s Cup 2022.

Menghadapi tuan rumah, Malaysia mampu tampil apik dengan mencetak gol terlebih dulu lewat La’Vere Lawrence Corbin-Ong di menit ke-32.

Keunggulan ini sempat bertahan lama hingga laga akan berakhir. Sayangnya, Thailand mampu mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-90+5 lewat Pansa Henviboom.

Hasil imbang 1-1 ini kemudian membawa kedua tim ke babak adu penalti. Tak disangka, Malaysia berhasil keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Thailand 5-3 di babak tos-tosan tersebut.

Karena menang adu penalti ini, Malaysia hanya mendapat tambahan 3,57 poin saja. Meski begitu raihan itu sudah cukup membawa Harimau Malaya naik ke peringkat ke-147.

Naiknya peringkat Malaysia ini membuat Harimau Malaya makin menjauhi Timnas Indonesia yang mau tak mau harus menang atas Curacao agar bisa memperpendek jarak dengan rivalnya itu.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini