Ranking FIFA Terbaru: Malaysia Melesat usai Kalahkan Thailand, Indonesia Turun Peringkat

Malaysia naik peringkat usai kalahkan Thailand di semifinal Kings Cup 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 24 September 2022 | 11:15 WIB
Selebrasi Corbin Ong usai Timnas Malaysia mengalahkan Thailand di Kings Cup 2022. (Dok. FAM)

Selebrasi Corbin Ong usai Timnas Malaysia mengalahkan Thailand di Kings Cup 2022. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Berikut ranking FIFA terbaru di tengah agenda FIFA Matchday, di mana Malaysia dan Indonesia mendapati nasib yang berbeda.

Sebagaimana diketahui, saat ini dunia sepak bola untuk kompetisi level klub tengah diliburkan seiring adanya agenda FIFA Matchday.

Agenda FIFA Matchday sendiri merupakan agenda rutin yang diselenggarakan FIFA untuk memberikan waktu bagi setiap negara melakoni pertandingan atau melangsungkan kompetisi.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ungkap Tujuan Promosikan Muhammad Ferrari ke Timnas Indonesia Senior

Dalam agenda FIFA Matchday yang berlangsung dua pekan ini, biasanya setiap negara melakoni laga uji tanding dengan negara lainnya.

Tujuan melakukan uji tanding ini biasanya untuk menguji kekuatan tim. Namun sebagian juga dilakukan untuk menaikkan ranking negaranya di mata FIFA.

Dalam sepekan terakhir ini, beberapa laga FIFA Matchday telah dimainkan oleh beberapa negara, sehingga hal ini membuat adanya perubahan di ranking FIFA.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Indonesia yang Diprediksi Bersinar saat Lawan Curacao, Ada Witan Sulaeman

Sebagai contoh, Timnas Indonesia yang sebelumnya berada di ranking ke-155, harus menelan pil pahit karena posisinya tergusur ke posisi 156.

Posisi Timnas Indonesia tergusur oleh Maladewa yang telah melakoni FIFA Matchday pada Rabu (21/9) usai menang 3-0 atas Brunei Darussalam.

Posisi Timnas Indonesia pun harus tergusur karena skuad Garuda baru akan melakoni laga FIFA Matchday melawan Curacao pada Sabtu (24/9) dan Selasa (27/9).

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday, Digelar Malam Ini

Jika Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan atas Curacao, bisa dipastikan posisi skuad Garuda akan melejit karena akan mendapat poin yang mumpuni mengingat lawannya itu ada di posisi ke-84.

Nasib Indonesia yang tergusur di ranking FIFA ini nyatanya berbanding terbalik dengan rival abadinya, Malaysia yang justru melejit.

Malaysia Melejit

Baca Juga: Hasil UEFA Nations League Semalam: Inggris Tumbang Lawan Italia, Jerman Dipermalukan Hungaria

Di FIFA Matchday kali ini, ranking Malaysia langsung melejit ke posisi 147. Sebelumnya, Harimau Malaya hanya menempati peringkat 148.

Melejitnya posisi Malaysia di ranking FIFA sendiri tak lepas dari kemenangan yang didapatkan atas rivalnya di Asia Tenggara, Thailand.

Malaysia belum lama ini berhasil mengalahkan Thailand lewat drama adu penalti di babak semifinal ajang bertajuk King’s Cup 2022.

Menghadapi tuan rumah, Malaysia mampu tampil apik dengan mencetak gol terlebih dulu lewat La’Vere Lawrence Corbin-Ong di menit ke-32.

Keunggulan ini sempat bertahan lama hingga laga akan berakhir. Sayangnya, Thailand mampu mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-90+5 lewat Pansa Henviboom.

Hasil imbang 1-1 ini kemudian membawa kedua tim ke babak adu penalti. Tak disangka, Malaysia berhasil keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Thailand 5-3 di babak tos-tosan tersebut.

Karena menang adu penalti ini, Malaysia hanya mendapat tambahan 3,57 poin saja. Meski begitu raihan itu sudah cukup membawa Harimau Malaya naik ke peringkat ke-147.

Naiknya peringkat Malaysia ini membuat Harimau Malaya makin menjauhi Timnas Indonesia yang mau tak mau harus menang atas Curacao agar bisa memperpendek jarak dengan rivalnya itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak