Bolaindonesia

Hitung-hitungan Poin dan Kenaikan Ranking FIFA jika Timnas Indonesia Kalahkan Curacao

Ranking FIFA Timnas Indonesia akan naik drastis jika berhasil kalahkan Curacao dua kali.

Rauhanda Riyantama

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Berikut hitung-hitungan poin dan kenaikan ranking FIFA yang akan diraih Timnas Indonesia jika berhasil mengalahkan Curacao di FIFA Matchday.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan menjalani laga FIFA Matchday dengan menjamu tim asal Kepulauan Karibia, Curacao.

Pertemuan ini akan berlangsung sebanyak dua kali. Dijadwalkan Timnas Indonesia dan Curacao akan bertemu pada tanggal 24 dan 27 September 2022 di Tanah Air.

Pertemuan ini menjadi pertemuan perdana Timnas Indonesia dan Curacao di sepak bola. Sebelumnya, kedua negara belum pernah berhadapan satu sama lain.

Duel ini sendiri menjadi laga yang dinanti-nanti Timnas Indonesia, terutama Shin Tae-yong. Sebab, laga ini akan menjadi ujian nyata bagi dirinya sebagai pelatih.

Sejak melatih Timnas Indonesia pada akhir tahun 2019 lalu, Shin Tae-yong belum pernah berhadapan dengan tim-tim besar seperti Curacao.

Curacao sendiri tergolong tim besar, apalagi jika menilik rankingnya di dunia sepak bola. Saat artikel ini dibuat, La Familia Azul berada di peringkat ke-84 FIFA.

Peringkat itu unggul jauh atas Timnas Indonesia yang kini masih bertengger di posisi ke-155, atau berjarak 71 peringkat dari Curacao.

Sehingga, laga melawan Curacao dianggap Shin Tae-yong sebagai ujian yang tepat untuk melihat progresnya dalam melatih Timnas Indonesia dalam dua tahun terakhir ini.

Di sisi lain, laga melawan Curacao ini juga dimaksudkan agar bisa mengatrol ranking Timnas Indonesia, mengingat La Familia Azul merupakan negara di 100 besar ranking FIFA.

Untuk mengatrol rankingnya, Timnas Indonesia pun harus menang atas Curacao di dua laga yang akan dijalaninya tersebut.

Kira-kira, jika berhasil menang atas Curacao nanti, berapakah poin yang akan didapat Timnas Indonesia dan berapa kenaikan ranking yang didapatkan skuad Garuda?

Melonjak Drastis

Mengingat perbedaan ranking yang begitu jauh, kemenangan atas Curacao nanti bisa memberikan poin yang signifikan bagi Timnas Indonesia.

Menurut berbagai sumber, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 7,4 poin jika menang sekali atas Curacao nanti.

Karena akan bertanding dua kali, Timnas Indonesia pun berpotensi mendapat 14,8 poin andai bisa membekuk Curacao dalam dua laga FIFA Matchday.

Selain dengan kemenangan, Timnas Indonesia juga akan mendapatkan poin meski bermain imbang dengan Curacao. Jika imbang sebanyak dua kali, tim Merah Putih akan mendapat total 4,8 poin.

Jika nantinya Timnas Indonesia ternyata tumbang di dua pertandingan melawan Curacao, anak asuh Shin Tae-yong pun harus rela kehilangan 5,2 poin dari poinnya saat ini.

Andai nantinya ternyata Timnas Indonesia bisa menang atas Curacao dalam dua pertandingan, maka perolehan poin skuad Garuda di ranking FIFA menjadi 1033,99 poin.

Raihan poin tersebut pun otomatis akan menaikkan ranking Timnas Indonesia dari peringkat 155 ke peringkat 151.

Nantinya jika menang atas Curacao sebanyak dua kali, Timnas Indonesia akan menggusur 4 negara,yakni Afghanistan, Yaman, Andorra, dan Republik Dominika.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini