Bolaindonesia

Masih Jadi PR Besar, Tim ASEAN Ini Belum Berhasil Dikalahkan Shin Tae-yong

Kalahkan Vietnam belum cukup untuk Shin Tae-yong.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong dalam konpres Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Bolatimes.com/Arif Budi S.)
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong dalam konpres Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Bolatimes.com/Arif Budi S.)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong akhirnya bisa pecah telur dari Vietnam. Pelatih asal Korea Selatan itu sukses membawa Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Vietnam.

Ya, Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Vietnam pada laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Minggu (18/9/2022), dengan skor 3-2.

Gol-gol kemenangan Garuda Nusantara dicetak oleh Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari, dan Rabbani Tasnim. Hasil ini sekaligus bikin Timnas Indonesia U-19 dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Dengan meraih 3 kemenangan selama babak kualifikasi, Timnas Indonesia keluar sebagai juara Grup F dan lolos otomatis ke Uzbekistan tahun depan.

Lebih lanjut, hasil ini sekaligus memutus rekor buruk Shin Tae-yong atas Vietnam di semua kelompok umur. Sebelumnya, Shin Tae-yong tidak pernah menang melawan Vietnam.

Catatan menghadapi Vietnam di berbagai kelompok umur dan senior adalah empat kali bertemu dengan dua kali imbang dan dua kali kalah dengan skor mencolok 0-4 (senior) dan 0-3 (SEA Games 2021).

Meski kini sudah menuntaskan misi balas dendam kepada Vietnam, nyatanya Shin Tae-yong masih punya pekerjaan rumah.

Sejak menangani Timnas Indonesia dari 2019 silam, Shin Tae-yong juga belum pernah menang saat melawan Timnas Thailand.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong tercatat belum pernah menang melawan Thailand. Hal itu pun terjadi di Timnas Indonesia U-19, U-23, hingga level senior.

Menghadapi Thailand, Shin Tae-yong dan anak asuhnya kalah tiga kali dan imbang dua kali. Pada saat Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022, pasukan skuad Garuda Nusantara hanya bisa meraih hasil imbang 0-0 kontra Thailand di fase grup.

Lalu ketika menangani Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, Shin Tae-yong menelan kekalahan 0-1 dari Thailand di babak semifinal.

Tercatat Shin Tae-yong sudah menemani Timnas Indonesia melawan Thailand sebanyak tiga kali. Dari tiga pertemuan itu, Timnas Indonesia imbang dua kali kontra Thailand dan satu lagi menelan kekalahan.

Misi balas dendam Shin Tae-yong ke Thailand bakal tersaji dekat-dekat ini karena Timnas Indonesia satu grup dengan Thailand di Piala AFF 2022.

Selain bersama Thailand, Timnas Indonesia juga akan melawan Filipina, Kamboja, dan Timor Leste/Brunei Darussalam di Grup A Piala AFF 2022 tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini