Bolaindonesia

Klasemen Akhir Runner Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Vietnam Lolos, Thailand Terancam Gagal

Vietnam jadi peringkat pertama di klasemen runner up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Rauhanda Riyantama

Pemain Vietnam U-19 melakukan selebrasi usai bobol gawang Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (AFP)
Pemain Vietnam U-19 melakukan selebrasi usai bobol gawang Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut klasemen runner up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di mana dua kekuatan Asia Tenggara, Vietnam dan Thailand, mendapati hasil berbeda.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah mencapai babak akhir. 9 dari 10 grup yang ada telah menyelesaikan babak kualifikasi.

Sejauh ini total 9 juara grup dan 1 tuan rumah telah memastikan tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

9 juara grup tersebut antara lain Arab Saudi, Qatar, Jepang, Yordania, Korea Selatan, Indonesia, Oman, Tajikistan dan Iran. Sedangkan tuan rumah Uzbekistan sudah dipastikan lolos otomatis.

Selain juara grup, ada beberapa Runner Up grup yang juga telah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Sebagai informasi, dari 10 grup yang ada, nantinya ada 5 Runner Up grup terbaik yang juga akan mendapat tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Sejauh ini dari 9 grup yang telah melakoni babak kualifikasi, telah ada 4 Runner Up grup yang dipastikan lolos ke putaran final.

Salah satunya adalah Vietnam. Tim berjuluk The Golden Star ini berhasil lolos ke putaran final lewat jalur Runner Up grup pasca menelan kekalahan di laga terakhir grup F dari Timnas Indonesia U-19.

Kekalahan itu nyatanya tak membuat Vietnam gugur begitu saja. Sebab, secara poin dan selisih gol, The Golden Star unggul atas lawan-lawannya.

Di klasemen Runner Up grup, Vietnam berada di posisi teratas dengan 6 poin dan selisih gol plus 7 gol, unggul atas Runner Up grup lainnya.

Alhasil, Vietnam pun otomatis lolos, karena poin dan selisih golnya tak bisa dikejar oleh 8 Runner Up grup lainnya yang telah melakoni babak kualifikasi.

Nahasnya, apa yang diraih Vietnam tak mampu diikuti oleh Thailand. Tim Gajah Perang secara mengejutkan terancam gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Hal ini terjadi lantaran Thailand berada di posisi ke-5 klasemen Runner Up grup terbaik dengan perolehan 6 poin dan selisih gol plus 3 gol.

Torehan ini sama dengan Syria. Namun, Syria berada di atas Thailand di klasemen Runner Up grup karena unggul poin kedisiplinan.

Posisi Thailand ini terbilang tak aman, karena grup H yang diisi Australia, Irak, India, dan Kuwait, baru akan melakoni babak kualifikasi pada Oktober mendatang.

Andai 4 tim tersebut bisa mengungguli poin dan selisih gol Thailand, maka Gajah Perang harus rela gagal ambil bagian di Piala Asia U-20 2023.

Berikut klasemen runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

1. Vietnam (6 poin, +7 gol)
2. Kyrgyztan (6 poin, +7 gol)
3. China (6 poin, +6 gol)
4. Syria (6 poin, +3 gol)
5. Thailand (6 poin, +3 gol) (kalah poin kedisiplinan dari Syria)
6. Lebanon (6 poin, +2 gol)
7. Yaman (4 poin, 0 gol)
8. Mongolia (4 poin, -1 gol)
9. Bahrain (4 poin, -1 gol)
10. Menunggu hasil dari grup H

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini