Bolaindonesia

PSSI Jelaskan Hitung-hitungan Poin Jika Terjadi Adu Penalti di Laga Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam

Jika menang penalti, poin pemenang bukan satu, tetapi tiga. Ini penjelasan lengkapnya

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Rabbani Tasnim cetak gol saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Hong Kong 5-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)
Rabbani Tasnim cetak gol saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Hong Kong 5-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam bisa lanjut ke adu penalti jika berakhir imbang dalam 90 menit waktu normal dalam matchday ketiga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Lantas bagaimana perhitungan poinnya.

Dari regulasi AFC butir 7 menyebutkan bahwa dua tim yang berpeluang lolos dan bertemu di laga terakhir akan melanjutkan adu penalti jika masih imbang. Pasalnya kini timnas Indonesia U-19 dan Vietnam sama-sama imbang dalam poin dan selisih gol, yaitu +8.

Kepastian adu penalti yang akan digelar ini juga dikonfirmasi oleh Media officer PSSI, Bandung Saputra. Ia mengatakan bahwa jika laga imbang dengan skor berapapun, maka akan terjadi adu tos-tosan.

"Kalau besok Indonesia dan Vietnam berakhir imbang atau seri dengan skor berapapun otomatis selisih dan agregat gol masih sama. Akan dilanjutkan ke babak penalti," ungkapnya.

Kalau Indonesia kalah ada di posisi runner up. Akan menunggu hasil grup lainnya terkait best runner up. Yang lolos ke Uzbekistan yakni 10 tim juara grup, 5 tim runner up terbaik saja," imbuh pertanyaan tersebut.

Lebih lanjut, Bandung Saputra menjelaskan pemenang penalti tersebut nantinya akan mendapatkan tiga poin. Sedangkan yang kalah, tidak akan mengantongi poin.

Artinya jika tim yang kalah, maka poinnya akan tetap dihitung enam. Bukan mendapatkan satu poin, meski imbang dalam pertandingan normal 90 menit.

Hal itu tentu saja akan memengaruhi dalam klasemen runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Sebab, hanya ada lima tim dari tempat kedua terbaik yang akan mendapatkan tiket untuk lolos.

Berita Terkait

Berita Terkini