Bolaindonesia

Punya Poin dan Selisih Gol yang Sama dengan Vietnam, Ini Alasan Timnas Indonesia U-19 Puncaki Klasemen Grup F

Meski punya poin dan selisih gol yang sama dengan Vietnam, Indonesia jadi pemuncak klasemen Grup F karena alasan ini.

Rauhanda Riyantama

Rabbani Tasnim cetak gol saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Hong Kong 5-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)
Rabbani Tasnim cetak gol saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Hong Kong 5-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berhasil memuncaki klasemen Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 usai mengalahkan Hong Kong dengan skor 5-1, Jumat (16/9/2022). Berkat kemenangan ini, skuat Garuda Nusantara gusur Vietnam dari puncak meski punya poin dan selisih gol yang sama.

Gol-gol Timnas Indonesia U-19 dalam pertandingan ini dicetak Rabbani Tasnim (9’), Alfriyanto Nico (21’), Zanadin Fariz (42’) dan Marselino Ferdinand (85’ dan 89’). Sementara Hong Kong cuma mampu membelas satu gol lewat sang kapten, Chen Ngo Hin pada menit ke-62.

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia U-19 memuncaki klasemen Grup F meski di matchday kedua lainnya, Vietnam berhasil membantai Timor Leste 4-0.

Koleksi poin Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam sejatinya sama yakni enam. Sementara jumlah selisih gol kedua negara juga identik yakni mencetak sembilan gol dan kebobolan satu gol.

Lalu, apa yang menyebabkan Timnas Indonesia U-19 berhak memuncaki klasemen Grup F dibanding Vietnam?

Merujuk regulasi kompetisi Piala AFF U-20 2023, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menentukan posisi klasemen tak hanya dari jumlah poin, gol dan head-to-head. Terdapat juga hitung-hitungan kedisiplinan yakni perihal jumlah kartu kuning dan merah yang didapat masing-masing tim.

Dalam regulasi AFC, tim yang mendapat kartu kuning akan terkena poin disiplin satu angka, sementara kartu merah akibat dua kartu kuning adalah tiga angka, sedangkan kartu merah langsung berjumlah empat poin.

Dari penjelasan itu, Timnas Indonesia U-19 berhak memuncaki klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dibanding Vietnam.

Garuda Nusantara untuk sementara baru mendapatkan satu kartu kuning, sementara Vietnam hingga matchday kedua rampung, sudah mengoleksi tiga kartu kuning.

Penentuan pemuncak Grup F sendiri baru bisa diketahui saat TImnas Indonesia U-19 menghadapi Vietnam dalam matchday ketiga yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Berikut klasemen terbaru Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 hingga matchday kedua.

  1. Timnas Indonesia U-19 (6 Poin, Selisih Gol +8)
  2. Timnas Vietnam U-19 (6 Poin, Selisih Gol +8)
  3. Timnas Hong Kong U-19 (0 Poin, Selisih Gol -8)
  4. Timnas Timor Leste U-19 (0 Poin, Selisih Gol -8)

Berita Terkait

Berita Terkini