Bolaindonesia

Indonesia Negara Pertama yang Diperiksa AFC, Sah Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023?

AFC melakukan inspeksi ke Indonesia untuk tuan rumah Piala Asia 2023 dari 1-4 September 2022.

Arif Budi Setyanto

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Indonesia melalui PSSI telah melakukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Kini pihak AFC sudah melakukan pemeriksaan ke tanah air.

Perwakilan dari AFC sudah tiba di Jakarta pada Kamis (1/9/2022). Setelah itu, mereka langsung melakukan inspeksi di Stadion Gelora Bung Karno pada Jumat (2/9/2022) dalam rangka menentukan tuan rumah Piala Asia 2023.

Setelah memeriksa Stadion GBK, AFC bakal bertolak ke Stadion Manahan, Solo yang rencananya dilakukan pada hari ini, Sabtu (3/9/2022).

Kehadiran perwakilan AFC untuk memeriksa stadion yang menjadi calon tuan rumah Piala Asia 2023 disambut baik oleh PSSI.

"PSSI menyambut baik kedatangan perwakilan AFC yang datang untuk mengecek stadion yang menjadi calon tempat bertanding Piala Asia 2023. Setelah dokumen bidding diterima memang AFC langsung merencanakan kedatangan mereka pada 1-4 September 2022 ini,” ucap Sekjen PSSI Yunus Nysi.

Pihak AFC lakukan inspeksi ke Indonesia untuk persiapan calon tuan rumah Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)
Pihak AFC lakukan inspeksi ke Indonesia untuk persiapan calon tuan rumah Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

AFC sendiri bukan hanya memeriksa stadion yang akan menjadi venue pertandingan. Namu, fasilitas seperti tempat latihan hingga hotel tim juga bakal diperiksa.

“Agenda kedatangan AFC memang cukup singkat. Tim inspeksi mereka terbagi dalam beberapa tim, di mana setiap tim hanya melakukan inspeksi selama 1-4 hari saja. Yang mereka pastikan ialah dokumen bidding dan venue yang ada sesuai dengan keadaan aslinya dengan semua fasilitas yang memenuhi standar untuk level Piala Asia," imbuhnya.

Indonesia sendiri menjadi negara yang pertama dikunjungi AFC dalam pemeriksaan tuan rumah Piala Asia 2023 ini. Setelah itu, mereka bakal terbang ke Korea Selatan dan Qatar.

Awalnya pihak AFC juga direncanakan berkunjung ke Australia. Namun, Negeri Kanguru itu memilih mundur dari pencalonan tuan rumah.

Nantinya setelah AFC memeriksa semua kelengkapan dari tiga negara, yaitu Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar, tuan rumah resmi Piala Asia 2023 diumumkan pada 17 Oktober 2022.

Berita Terkait

Berita Terkini