Bolaindonesia

Deretan Pelatih yang Layak Gantikan Shin Tae-yong Andai Mundur usai Piala Dunia U-20 2023

Berikut 4 pelatih yang cocok gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti dan Kurniawan Dwi Yulianto saat melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti dan Kurniawan Dwi Yulianto saat melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)

Bolatimes.com - Indonesia memiliki 5 stok pelatih yang layak menggantikan Shin Tae-yong andai juru latih asal Korea Selatan itu memutuskan mundur dari jabatannya usai Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-19 menjadi kategori kelompok umur paling muda, tim yang diasuh Shin Tae-yong ini tak lama lagi mentas di Piala Dnia U-20 2023.

Kini Shin Tae-yong masih memiliki waktu dalam mempersiapkan timnya untuk Piala Dunia U-20 2023, tentu agar timnas Indonesia U-19 meraih hasil maksimal.

Meski begitu, beredar kabar yang menyebut Shin Tae-yong bakal mundur dari jabatannya sebagai pelatih timnas Indonesia U-19 usai mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu akan fokus membangun timnas Indonesia U-23 dan timnas Indonesia senior.

Lantas siapa yang bakal menggantikan posisi Shin Tae-yong jika benar mundur dari jabatan pelatih timnas Indonesia U-19? berikut di antaranya calon penggantinya.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Alasan mengapa PSSI aka mennjuk Kurniawan Dwi Yulianto karena sosok ini memiliki banyak pengalaman melatih, baik di dalam maupun luar negeri.

Di level timnas, Kurniawan pernah menjadi asisten pelatih Indra Sjafri saat menukangi timnas Indonesia U-23 pada 2019.

Dan kini Kurniawan tengah melatih untuk klub asal Italia, Como 1907 yang berkompetisi di kasta kedua Liga Italia, yakni Serie B.

Bukan tak mungkin Kurniawan akan kembali ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia kelompok umur sekembalinya dari Italia.

2. Dzenan Radoncic

Namanya mungkin terdengar sedikit asing, namun Dzenan Radoncic merupakan sosok dari skuat yang dimiliki Shin Tae-yong di timnas Indonesia U-19.

Dzenan saat ini menjabat sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di timnas Indonesia, tak heran ia nantinya bakal ditunjuk karena memiliki pengalaman berharga.

Sosoknya tentu memahami dengan benar bagaimana karakter para pemain timnas Indonesia, ia juga pernah membawa timnas berlaga di Toulon Cup 2022 di Prancis.

3. Indra Sjafri

Indra Sjafri bisa jadi merupakan sosok pelatih yang sangat mungkin dipilih menggantikan Shin Tae-yong di kursi kepelatihan timnas Indonesia U-19.

Tangan dinginya melahirkan banyak pemain bintang Indonesia, termasuk Evan Dimas yang jadi salah satu pemain andalannya saat itu.

Rentetan gelar pun sudah dipersembahkan Indra untuk Indonesia, mulai dari Piala AFF U-19 2013, kemudian Piala AFF U-22 2019.

4. Bima Sakti

Dengan kesuksesan yang diraih Bima Sakti saat ini, PSSI tak membutuhkan banyak alasan untuk menunjuknya sebagai pengganti Shin Tae-yong di timnas Indonesia U-19.

Sebagai seorang pelatih yang juga berperan sebagai ayah bagi para pemain timnas Indonesia, Bima memiliki kekuatan tersendiri dalam memoles pemainnya.

Setidaknya eks kapten timnas Indonesia ini memiliki sejumlah kriteria yang sudah dipenuhi untuk bisa naik jabatan dalam mengelola tim nasional saat ini.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini