Bolaindonesia

Profil Kafiatur Rizky, Pahlawan Timnas Indonesia U-16 di Final Piala AFF U-16 2022

Kafiatur Rizky menjadi pencetak gol semata wayang kemenangan Indonesia atas Vietnam

Irwan Febri Rialdi

Kafiatur Rizky, pencetak gol semata wayang Indonesia di final Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)
Kafiatur Rizky, pencetak gol semata wayang Indonesia di final Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Kafiatur Rizky, pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Vietnam di partai final, sehingga berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022.

Nama Kafiatur Rizky menjadi perbincangan di Tanah Air usai dirinya menjadi penentu keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Kafiatur Rizky menjadi satu-satunya pencetak gol di partai final kontra Vietnam, Jumat (12/8), dan membawa Timnas Indonesia U-16 meraih gelar keduanya di ajang ini.

Pemain yang berposisi gelandang ini berhasil mencetak gol penentu kemenangan tersebut di masa Injury Time babak pertama.

Memanfaatkan ruang kosong di kotak penalti Vietnam, Kafiatur Rizky yang berada dalam posisi tak terkawal, berhasil melepaskan sepakan kaki kiri dan membuat bola masuk ke pojok kanan atas gawang lawan.

Golnya tersebut pun cukup untuk membawa Timnas Indonesia U-16 membungkam Vietnam dan meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Berkat golnya tersebut, namanya pun makin dielu-elukan penikmat sepak bola Tanah Air. Seketika, ia pun diprediksi akan menjadi bintang masa depan bagi Timnas Indonesia.

Lantas, siapakah sosok Kafiatur Rizky tersebut? Berikut profilnya.

Gelandang Subur

Pemain yang bernama lengkap Muhammad Kafiatur Rizky itu bisa dikatakan sebagai gelandang subur di Timnas Indonesia U-16 saat ini.

Kafiatur Rizky lahir di Tangerang Selatan, Banten, pada 17 Juli 2006 atau 16 tahun silam. Selama bermain, ia menempati posisi gelandang tengah dan gelandang serang.

Diketahui, Kafiatur Rizky saat ini merupakan pemain binaan Borneo FC U-16. Meski begitu, kiprahnya di sepak bola telah dimulai sejak dini.

Tercatat Kafiatur Rizky merupakan jebolan Sekolah Sepak Bola (SSB) Bina Sentra FA, sebelum akhirnya bergabung Borneo FC.

Kiprahnya di level akademi ini membuat Bima Sakti kemudian meliriknya dan menjadikannya salah satu pilar di Timnas Indonesia U-16.

Kepercayaan yang diberikan Bima Sakti kepadanya pun disyukuri oleh Kafiatur Rizky. Hal ini diungkapkannya pasca membawa Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022.

“Alhamdulillah bisa masuk tim ini. Alhamdulillah sekali sejak pertandingan pertama sampai final ini saya dipercaya di tim utama,” kata Kafiatur Rizky pasca laga.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Kafiatur Rizky merupakan gelandang subur di Timnas Indonesia U-16.

Di ajang Piala AFF U-16 2022 ini, dirinya telah mencetak 3 gol, atau hanya terpaut 1 gol saja dari pencetak gol terbanyak turnamen, yakni kompatriotnya sendiri, Nabil Asyura.

3 gol itu dilesakkannya dengan rincian 2 gol kala Timnas Indonesia U-16 membungkam Singapura dengan skor 9-0.

Adapun 1 gol lainnya menjadi gol paling spesial dalam karier Kafiatur Rizky sejauh ini, yakni gol ke gawang Vietnam yang memastikan Timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini