Bolaindonesia

Tak Semua Jadi Bintang, Ini 5 Jebolan Juara Timnas U-16 yang Bisa Eksis di Kasta Tertinggi

Dulu juara Timnas Indonesia U-16, tapi kini bersaing di Liga Indonesia pun sulit. Hanya segelintir yang mampu

Irwan Febri Rialdi

Kiper andalan Timnas Indonesia U-16, Ernando Ari Sutaryadi (kanan). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]
Kiper andalan Timnas Indonesia U-16, Ernando Ari Sutaryadi (kanan). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain jebolan juara Timnas Indonesia U-16 pada 2018 yang masih eksis bermain di kasta tertinggi, sehingga kiprahnya bisa diikuti oleh para juniornya yang baru memenangi Piala AFF U-16 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 baru saja mencetak torehan membanggakan dengan menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Prestasi ini didapatkan usai anak asuh Bima Sakti mengalahkan Vietnam di partai final Piala AFF U-16 2022 dengan skor tipis 1-0, Jumat (12/8).

Adapun gol kemenangan Timnas Indonesia U-16 dicetak oleh salah satu gelandang andalannya, Kafiatur Rizky di masa Injury Time babak pertama.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 arahan Bima Sakti menjuarai Piala AFF U-16 2022 pun mengikuti kisah sukses pendahulunya di edisi 2018 silam.

Pada Piala AFF U-16 2018, Timnas Indonesia U-16 arahan Fakhri Husaini mampu meraih gelar juara saat ajang ini digelar di Tanah Air.

Keberhasilan menjadi juara Piala AFF U-16 2022 diharapkan bisa membuka pintu bagi para penggawa Timnas Indonesia U-16 arahan Bima Sakti untuk berkiprah di level profesional.

Pasalnya, beberapa penggawa Timnas Indonesia U-16 arahan Fakhri Husaini kala menjuarai Piala AFF U-16 2018 juga banyak yang berkecimpung di level profesional dan bermain di kasta tertinggi saat ini.

Kira-kira, siapa saja para jebolan Timnas U-16 arahan Fakhri Husaini yang bermain di kasta tertinggi? Berikut daftarnya.

1. Ernando Ari Sutaryadi

Pahlawan Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2018, Ernando Ari Sutaryadi, menjadi salah satu bukti bahwa dirinya bisa menembus panggung profesional dan bermain di kasta tertinggi.

Saat ini, kiper berusia 20 tahun itu bermain bagi Persebaya Surabaya di kancah Liga 1. Selain itu, ia beberapa kali dipercaya mengawal gawang Timnas Indonesia.

2.  Bagas Kaffa

Bagas Kaffa merupakan salah satu nama yang mencuat kala Timnas U-16 arahan Fakhri Husaini menjuarai Piala AFF U-16 2018.

Keterampilannya sebagai Fullback membuat kariernya melejit, hingga kini menjadi andalan dari klub asal Kalimantan, Barito Putera di Liga 1 beberapa musim terakhir.

3. Fajar Fathur Rahman

Timnas U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2018 memiliki pemain mumpuni pada sosok Fajar Fathur Rahman. Kiprah pemain berusia 20 tahun itu lantas membuatnya berkecimpung di Liga 1.

Saat ini, ia tercatat bermain bagi Borneo FC. Ia menjadi salah satu kunci keberhasilan Pesut Etam menjadi salah satu tim tersubur di Liga 1 2022/2023.

4. Brylian Aldama

Brylian Aldama juga merupakan jebolan Timnas U-16 saat juara Piala AFF U-16 2018. Usai jadi juara, ia sempat mencicipi karier di Eropa, tepatnya di Kroasia.

Namun Brylian Aldama kini telah kembali ke Tanah Air. Tercatat, kini ia menjadi bagian skuad Persebaya Surabaya di bawah arahan Aji Santoso.

5. Bagus Kahfi

Saudara kembar Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, adalah pemain yang namanya paling mencuat di Piala AFF U-16 2018. Pasalnya, ia berhasil top skor dengan 13 gol.

Kemampuannya pun membawanya berkiprah di luar negeri. Tercatat, ia pernah membela Jong Utrecht di Belanda, dan kini dirumorkan akan bergabung tim Yunani, Asteras Tripolis.

Nama-nama lain:

- Komang Teguh Trisnanda (Borneo FC)
- Mochammad Supriadi (Persebaya Surabaya)
- David Maulana (Bhayangkara FC)

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini