Bolaindonesia

Bukti Bima Sakti Lebih Mentereng Ketimbang Shin Tae-yong soal Lawan Vietnam

Soal lawan Vietnam, Bima Sakti selangkah lebih maju.

Husna Rahmayunita

Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti memberikan keterangan mengenai persiapan skuadnya di Piala AFF U-16 2022 dalam konferensi pers di Sleman, Yogyakarta, Sabtu (30/7/2022). Di turnamen itu, Indonesia bergabung di Grup A dan akan menjalani laga pertama pada Minggu (31/7) melawan Filipina. ANTARA/HO-PSSI/aa. (Handout PSSI)
Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti memberikan keterangan mengenai persiapan skuadnya di Piala AFF U-16 2022 dalam konferensi pers di Sleman, Yogyakarta, Sabtu (30/7/2022). Di turnamen itu, Indonesia bergabung di Grup A dan akan menjalani laga pertama pada Minggu (31/7) melawan Filipina. ANTARA/HO-PSSI/aa. (Handout PSSI)

Bolatimes.com - Sebuah fakta menarik tercipta di gelaran Piala AFF U-16 2022 ini, di mana ternyata Bima Sakti punya bukti konkret mengapa dirinya bisa lebih baik ketimbang pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Bima Sakti belum lama ini membuat pendukung Timnas Indonesia bangga usai mengantarkan tim U-16 ke partai final Piala AFF U-16 2022.

Mantan pelatih interim Timnas Indonesia itu mampu membawa anak asuhnya menjadi yang terbaik sejauh ini di gelaran Piala AFF U-16 2022.

Di bawah arahannya, Timnas Indonesia U-16 menjadi tim terproduktif, dengan berhasil mengemas 14 gol hingga babak semifinal, atau yang terbanyak bila dibandingkan 11 kontestan lainnya.

Tak hanya urusan mencetak gol, dalam bertahan pun Timnas Indonesia U-16 terbilang solid. Anak asuh Bima Sakti baru kebobolan 2 gol saja hingga babak semifinal.

Catatan gemilang ini membuat pendukung Timnas Indonesia percaya diri dengan peluang tim U-16 bisa meraih gelar juara di tanah sendiri.

Selain catatan gemilang itu, ada sebuah bukti konkret di mana Bima Sakti ternyata lebih hebat dari Shin Tae-yong yang menukangi Timnas Indonesia U-19, U-23, dan senior.

Bukti konkret ini terkait dengan rekor pertemuan melawan Vietnam. Tak disangka, Bima Sakti punya catatan lebih baik ketimbang Shin Tae-yong.

Punya Catatan Lebih Baik

Selama menukangi Timnas Indonesia, terutama tim U-16, Bima Sakti ternyata tak pernah sekalipun merasakan kekalahan dari Vietnam.

Tercatat, Bima Sakti telah bertemu Vietnam sebanyak tiga kali dalam periode kepelatihannya bersama Timnas Indonesia U-16.

Pertemuan pertama tersaji di Piala AFF U-16 2019. Saat itu, Bima Sakti mampu membawa Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Vietnam di laga pertama grup A dengan skor 2-0 lewat gol Muhammad Valeron dan Marselino Ferdinan.

Lalu di pertemuan kedua, Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam kembali bersua di perebutan tempat ketiga. Lagi-lagi, Bima Sakti terhindar dari kekalahan usai anak asuhnya bermain imbang 0-0 dan menang di adu penalti dengan skor 3-2.

Pertemuan ketiga tercipta di laga terakhir grup A Piala AFF U-16 2022, di mana Timnas Indonesia U-16 arahan Bima Sakti mampu menang 2-1 usai tertinggal lebih dulu dari Vietnam.

Catatan-catatan ini membuat Bima Sakti lebih baik ketimbang Shin Tae-yong saat berhadapan dengan Vietnam di ajang bergengsi.

Shin Tae-yong sendiri selama menukangi Timnas Indonesia U-19, U-23, dan senior, telah bertemu Vietnam sebanyak lima kali.

Dalam lima pertemuan itu, Shin Tae-yong tak pernah sekalipun menang atas Vietnam, dengan catatan tiga kali imbang dan dua kali kekalahan.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini